ANALISA PENGEMBANGAN FITUR LEBIH LANJUT DENGAN PENDEKATAN REQUIREMENT ANALYSIS DAN DESIGN THINKING: STUDI KASUS SIMRS MEDIFY

Perkasa, Ramadhani Tegar (2024) ANALISA PENGEMBANGAN FITUR LEBIH LANJUT DENGAN PENDEKATAN REQUIREMENT ANALYSIS DAN DESIGN THINKING: STUDI KASUS SIMRS MEDIFY. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6047221019-Master_Thesis.pdf] Text
6047221019-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang pengembangan fitur lebih lanjut pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Medify dengan menggunakan pendekatan metode kolaboratif requirement analysis dan design thinking. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah dalam perspektif user namun tidak mengabaikan standar regulasi pemerintah yang disusun berdasarkan objective matrix.

Pendekatan requirement analysis akan digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dari perspektif yang ideal dan bersifat objektif. Selain itu teknik envisioning dan evaluation pada metode requirement analysis juga digunakan dalam proses pengukuran objektifitas dari sebuah pengembangan lebih lanjut SIMRS Medify telah memenuhi standar regulasi pemerintah.

Pada metode lainya, metode design thinking akan digunakan untuk merancang fitur baru dengan pendekatan berfokus pada perspektif emosional pengguna yang akan berfokus pada empati dari apa yang dirasakan secara langsung. Metode ini akan melibatkan empathy interview, define dan ideate. Dari proses design thinking ini menghasilkan empathy map dan blueprint services yang mana dijadikan pertimbangan dalam proses pembuatan prototype.

Hasil dari penelitian ini dapat memberikan analisa pengembangan fitur lebih lanjut pada SIMRS Medify. Bukan hanya dari perspektif objektif atau kelayakan dan kelengkapan aplikasi berdasarkan standar regulasi pemerintah, namun juga dari perspektif subjektif atau keinginan pengguna. Diantara hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan kepuasan pengguna dari pengembangan sistem lebih lanjut sebesar 18,48%, selain itu juga pertimbangan pengguna untuk tetap menggunakan aplikasi medify sebesar 91,2%, dan yang terakhir pendekatan objective matrix berdasarkan aturan Kemenkes, Permen, ISO, dan regulasi BPJS telah dinyatakan lolos uji standar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SIMRS, design thinking, requirement analysis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation
Depositing User: Ramadhani Tegar Perkasa
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:10
Last Modified: 02 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111885

Actions (login required)

View Item View Item