Desain Permainan Instalasi Interaktif Mengenai Sejarah Manusia dan Lingkungan Untuk Anak Berusia 11-15 Tahun

Lie, Giscka Aprillia Sheanna (2024) Desain Permainan Instalasi Interaktif Mengenai Sejarah Manusia dan Lingkungan Untuk Anak Berusia 11-15 Tahun. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5028201006-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5028201006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Museum seringkali dimanfaatkan sebagai tempat belajar diluar sekolah yang berkelanjutan
serta konvergen dengan alam dan lingkungan sosial. Di Indonesia sendiri museum yang
memiliki status terakreditasi sudah ada sebanyak 291 yang tersebar di berbagai kawasan di
Indonesia. Salah satu museum yang besar dan populer di Jakarta adalah Museum Nasional
dengan jumlah pengunjung sebanyak 523.141 pada tahun 2022 dan terus meningkat hingga kini.
Sebagian besar pengunjung yang banyak ini berasal dari rombongan siswa yang melakukan
pembelajaran di luar kelas. Tidak banyak pengunjung non rombongan yang datang secara
khusus untuk mempelajari sejarah secara pribadi terutama anak berusia 11-15 tahun atau biasa
disebut generasi Alfa. Pengunjung memiliki ketertarikan terhadap hal-hal yang berhubungan
dengan kemajuan teknologi, sehingga menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.
Museum haruslah berperan aktif dalam menarik pengunjung anak, salah satunya dengan
membuat instalasi interaktif yang menarik perhatian. Desain instalasi interaktif dapat
memanfaatkan penggunaan seluruh panca indera yang membantu dalam proses pembelajaran
mengenai nilai-nilai proses kehidupan sejarah manusia dan lingkungan secara cepat dan lebih
berkesan. Metode penelitian dilakukan melalui proses analisis produk-produk yang sudah ada,
mengetahui target konsumen dan pembelajaran yang sesuai agar tepat guna, brainstorming ide�ide permainan yang menarik, proses pengujian produk, hingga pembuatan model, dan diujikan
kembali kepada pengguna. Sehingga terbentuklah instalasi gua dan instalasi figurin Homo
Erectus yang dibuat dengan memaksimalkan interaksi pengguna dengan menggabungkan
indera peraba, penglihatan, pendengaran, serta penciuman dan teknologi permainan.
======================================================================================================
Museums are often used as places for learning outside of school that provide ongoing
educational experiences and connect with nature and the social environment. In Indonesia, there
are currently 291 museums with accredited status spread across various regions. One of the
large and popular museums in Jakarta is the National Museum, which had 523,141 visitors in
2022 and continues to see an increase. A significant portion of these visitors are student groups
engaging in out-of-class learning. There are relatively few non-group visitors who come
specifically to study history personally, particularly children aged 11-15, often referred to as
Generation Alpha. Visitors are interested in technology-related topics, creating a more
enjoyable atmosphere. Museums need to actively attract young visitors by creating interactive
installations that capture attention. The design of interactive installations can utilize all five
senses, aiding in the learning process about human historical life and the environment quickly
and memorably. The research method involves analyzing existing products, identifying target
consumers and appropriate learning approaches, brainstorming engaging game ideas, testing
the product, and creating a model to be tested with users. This process results in the
development of cave installations and Homo Erectus figurine installations that maximize user
interaction by integrating touch, sight, hearing, smell, and gaming technology.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Giscka Aprillia Sheanna Lie
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:16
Last Modified: 05 Aug 2024 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/111958

Actions (login required)

View Item View Item