Analisis Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Jati Sebagai Filler Terhadap Karakteristik Hasil Uji Marshall Aspal HRS-WC

Islamey, Annizza Putri (2024) Analisis Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Jati Sebagai Filler Terhadap Karakteristik Hasil Uji Marshall Aspal HRS-WC. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201007-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2035201007-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang pesat, maka tuntutan beban kendaraan pun meningkat. Perlu adanya inovasi pada permukaan jalan guna mempertahankan kekuatan dan menambah umur rencana jalan. Pada lapisan perkerasan lentur terdiri dari kombinasi aspal, agregat kasar, agregat halus, dan material pengisi atau filler. Sebagian besar bahan material filler mempunyai harga yang mahal, untuk itu perlu adanya inovasi dengan menggunakan bahan pengganti yang lebih menguntungkan dan efisien. Limbah Serbuk Kayu Jati adalah material pengganti filler yang akan digunakan pada penelitian ini di mana jumlahnya melimpah dari limbah usaha meuble. Menurut Desiasni et al., 2021 total produksi kayu bulat Indonesia tahun 2020 mencapai 39,9 juta m3 di mana produksi total kayu gergajian Indonesia mencapai 2.6 juta m3 per tahun (Forestry Statistics of Indonesia 1997/1998). Dengan asumsi bahwa jumlah limbah kayu yang terbentuk 54,24% dari produksi total kayu yang mana menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi kayu bulat dari perusahaan yang memiliki hak pengusahaan hutan (HPH) di Indonesia sebesar 5,26 juta m³per tahun.
Pada penelitian ini akan menggunakan Limbah Serbuk Kayu Jati sebagai inovasi bahan pengganti filler dengan persentase kadar 0% ; 0,3% ; 0,6% dan 0,9% pada campuran lapisan Hot Rolled Sheet – Wearing Course. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik pengujian marshall pada lapisan HRS-WC dengan menggunakan filler Limbah Serbuk Kayu Jati. Penambahan filler Limbah Serbuk Kayu Jati dengan persentase tertentu bertujuan untuk membuat hasil pengujian Marshall berupa stabilitas, flow, Marshall Quotient, VMA, VIM, VFA mendapatkan nilai yang memuaskan. Metode pencampuran benda uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kering dan basah yang berpedoman pada syarat-syarat yang ditetapkan oleh Bina Marga 2018 revisi 2.
Hasil yang diperolah dari penelitian ini yaitu karakteristik dari keseluruhan proporsi campuran aspal HRS-WC yang digunakan memenuhi standar yang ditetapkan dengan kadar aspal optimum 7,33%. Pada metode kering, didapatkan kadar filler optimum sebesar 0,9% dengan nilai stabilitas sebesar 1042,68 kg, nilai flow sebesar 3 mm, nilai VIM sebesar 4,46%; nilai VMA sebesar 19,64%; nilai VFA sebesar 77,31% dan nilai Marshall Quotient sebesar 347,37 kg/mm. Sedangkan proporsi kadar filler optimum pada metode basah terdapat pada kadar filler 0,6% dengan nilai stabilitas 1161,14 kg dengan nilai flow 3 mm, nilai VIM sebesar 4,72%; nilai VMA sebesar 19,87%; nilai VFA sebesar 76,72% dan nilai Marshall Quotient sebesar 376,37 kg/mm.
=======================================================================================================================================
With rapid economic growth, the demand for vehicle loads also increases. Innovation is needed in the road surface to maintain its strength and increase the road’s lifesplan. Flexible pavement layers consist of a combination of asphalt, coarse aggregate, fine aggregate, and filler material. Most of the filler materials are expensive, therefore innovation is needed by using substitute materials that are more profitable and efficient. Teak wood powder waste is a substitute material for filler that will be used in this research, where it is abundant in furniture business waste. According to Desiasni et al., 2021, Indonesia's total log production in 2020 will reach 39,9 million m3, where Indonesia's total sawn wood production will reach 2,6 million m3 per year (Forestry Statistics of Indonesia 1997/1998). Assuming that the amount of wood waste formed is 54,24% of total wood production, which according to the Central Bureau of Statistics (BPS), log production from companies that have forest concession rights (HPH) in Indonesia is 5,26 million m³ per year.
In this research, teak wood powder waste will be used as an innovative filler replacement material with a percentage content of 0%; 0,3% ; 0,6% and 0,9% in the Hot Rolled Sheet – Wearing Course layer mixture. The aim of this research is to determine the characteristics of marshall testing on the HRS-WC layer using Teak Wood Powder Waste filler. The addition of Teak Powder Waste filler with a certain percentage is expected to make the Marshall test results in the form of stability, flow, Marshal Quotient, VMA, VIM, VFA get satisfactory values. The method of mixing test objects used in this research is using dry and wet methods which are guided by the requirements stipulated by Bina Marga 2018 revision 2.
The results obtained from this research indicate that the characteristics of the overall proportion of the HRS-WC asphalt mixture used that meets the standards set with an optimum asphalt content of 7,33%. In the dry method, the optimum filler content was found to be 0,9% with a stability value of 1042,68 kg, a flow value of 3 mm, a VIM value of 4,46%; the VMA value is 19,64%; VFA value is 77,31% and Marshall Quotient value is 347,37 kg/mm.Meanwhile, the optimum proportion of filler content in the wet method is 0,6% filler content with a stability value of 1161.14 kg with a flow value of 3 mm, a VIM value of 4,72%; VMA value of 19,87%; VFA value is 76,72% and Marshall Quotient value is 376,37 kg/mm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: HRS-WC, Serbuk Kayu Jati, Uji Marshall, Filler, Stabilitas, HRS-WC, Teak Wood Powder, Marshall Test, Filler, Stability
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: ANNIZZA PUTRI ISLAMEY
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:13
Last Modified: 12 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112079

Actions (login required)

View Item View Item