Optimasi Biaya Persediaan Darah dan Stok Darah Kedaluwarsa di PMI Surabaya Menggunakan Pemrograman Stokastik

Annisa, Anggi Vidia (2024) Optimasi Biaya Persediaan Darah dan Stok Darah Kedaluwarsa di PMI Surabaya Menggunakan Pemrograman Stokastik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002201063-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5002201063-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rantai pasokan darah yang efisien sangat kritikal bagi kesehatan masyarakat, mengingat bahwa baik kekurangan maupun kelebihan stok dapat menyebabkan pemborosan biaya yang signifikan. Pengelolaan yang tidak efektif dalam rantai pasokan ini meningkatkan risiko darah kedaluwarsa, yang pada akhirnya menghamburkan sumber daya berharga. Di PMI Surabaya, ditemukan bahwa banyak darah kedaluwarsa akibat manajemen persediaan yang tidak optimal, menimbulkan biaya yang besar. Penelitian ini berfokus pada pengembangan Model Stokastik yang menggabungkan kebijakan revisi periodik dan penetapan tingkat stok target. Model stokastik adalah pendekatan matematis yang digunakan untuk mengelola ketidakpastian dalam permintaan dan pasokan. Model ini memungkinkan penentuan jumlah pesanan optimal dan tingkat persediaan yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan variasi acak dalam permintaan dan waktu pengiriman. Dengan mengimplementasikan model ini, tujuannya adalah untuk mengoptimalkan biaya persediaan darah dan mengurangi jumlah stok darah yang kedaluwarsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model stokastik, rata-rata pesanan harian sekitar 200 unit, sementara stok darah kedaluwarsa hanya sekitar 1 unit per hari. Rata-rata total biaya yang dibutuhkan adalah Rp155.321.416,00, dengan variasi biaya minimum Rp124.230.300,00 dan maksimum Rp201.316.400,00, tergantung pada nilai S. Sebelum optimasi, total biaya mencapai Rp322.496.400,00. Tingginya biaya tersebut disebabkan oleh tingginya jumlah darah kedaluwarsa. Hasil ini menunjukkan bahwa model yang diusulkan secara signifikan dapat mengurangi biaya persediaan dan meningkatkan efisiensi pengelolaan darah di PMI Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Stok Darah, Model Pemrograman Stokastik, Ketidakpastian Permintaan, PMI Kota Surabaya. Blood Stock Management, Stochastic Programming Model, Demand Uncertainty, PMI Surabaya.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anggi Vidia Annisa
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:12
Last Modified: 05 Aug 2024 01:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112318

Actions (login required)

View Item View Item