Pengaruh Retak Awal Terhadap Steering Gear Kapal

Nugraha, Lathif Jaya (2024) Pengaruh Retak Awal Terhadap Steering Gear Kapal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5018201066-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5018201066-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh retak awal terhadap kerusakan steering gear kapal menggunakan metode simulasi menggunakan perangkat lunak analisis elemen hingga. Studi ini difokuskan pada bagian silinder hidrolik steering gear kapal. Pada penelitian ini digunakan dua variasi material yaitu stainless steel 316 dan AISI 1045. Dalam penelitian ini, retakan awal dibuat bervariasi pada permukaan luar silinder hidrolik steering gear dengan bentuk retakan semi eliptical. Setelah dilakukan simulasi pada model yang telah dibuat, maka didapatkan bahwa kedua material, yaitu stainless steel 316 dan AISI 1045 sudah melewati batas ultimate tensile strength pada panjang retak 12mm. Untuk material stainless steel 316, nilai ultimate tensile strength adalah sebesar 580 Mpa, sedangkan untuk material AISI 1045, nilai ultimate tensile strength adalah sebesar 585 Mpa. Setelah dilakukan analisis perambatan retak, didapatkan bahwa laju perambatan retak pada silinder hidrolik steering gear dengan material stainless steel 316 lebih cepat dibanding dengan hidrolik steering gear dengan material AISI 1045. Sedangkan untuk perbandingan ukuran retakan, perambatan retak terjadi lebih cepat pada model silinder dengan retak awal lebih dalam dibandingkan dengan silinder hidrolik yang memiliki retak awal lebih dangkal.
========================================================================================================
This research aims to analyze the effect of initial cracks on the damage of ship Steering gear using the finite element method software. The study focuses on the hydraulic cylinder of the ship's Steering gear and employs two material variations: stainless steel 316 and AISI 1045. In this research, the initial cracks are varied on the outer surface of the hydraulic cylinder of the Steering gear with a semi-elliptical crack shape. The simulation results show that both materials, stainless steel 316 and AISI 1045, exceed their ultimate tensile strength at a crack length of 12 mm. For stainless steel 316, the ultimate tensile strength is 580 MPa, while for AISI 1045, it is 585 MPa. Crack propagation analysis reveals that the crack propagation rate in the hydraulic cylinder of the Steering gear with stainless steel 316 material is faster than that of the hydraulic cylinder with AISI 1045 material. Additionally, when comparing crack sizes, the crack propagation occurs more rapidly in the cylinder model with a deeper initial crack compared to the hydraulic cylinder with a shallower initial crack.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Steering gear, Perambatan Retak, Retak Awal, stainless steel 316, AISI 1045, Simulasi Steering gear, Crack Propagation, Initial Crack, Stainless Steel 316, AISI 1045, Simulation
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lathif jaya nugraha
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:02
Last Modified: 06 Aug 2024 02:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112730

Actions (login required)

View Item View Item