Perancangan Backend Database Pada Aplikasi Mobile Digital Twin

Hadibrata, Wira (2020) Perancangan Backend Database Pada Aplikasi Mobile Digital Twin. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201107-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201107-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi pada era 2000-an mendorong konsep industri 4.0 di Eropa dengan teknologi digital. Transformasi digital menjadi pilar kebijakan industri untuk mendapatkan pengetahuan baru, menciptakan nilai-nilai baru, dan menyelesaikan masalah masyarakat secara efektif, guna menciptakan kehidupan yang lebih baik dan pertumbuhan ekonomi. Digital twin adalah bentuk digital yang mewakili objek fisik, virtual, atau manusia. Data dimodelkan dan disimulasikan menjadi digital yang merefleksikan aset fisik secara akurat. Tujuan dari disusunnya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui rancangan backend database pada aplikasi digital twin serta mengetahui rancangan penyimpanan pada sistem database digital twin. Digital twin adalah teknologi baru untuk transformasi digital dan kecerdasan. Digital twin dapat memantau, simulasi, prediksi, dan optimasi. Pemodelan inti menggambarkan entitas fisik akurat, memungkinkan layanan fungional sesuai aplikasi. Penelitian ini mencakup tiga tahap pengembangan database digital twin, yaitu pengumpulan data, desain database, dan implementasi database. Pendekatan analisis dan desain berbasis objek menjadi metode pengumpulan data untuk memahami kebutuan sistem secara menyeluruh. Dalam proses desain database, proses yang dilakukan meliputi perancangan konseptual, logika, dan fisik, serta transformasi model ke skema database relasional. Sehingga untuk implementasi database dilakukan dengan menggunakan ASP.Net Core dengan bahasa pemrograman C#.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, ASP.Net Core, Backend, Cloud Server, Digital Twin.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T59.7 Human-machine systems.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM365 Remote submersibles. Autonomous vehicles.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wira Hadibrata
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:17
Last Modified: 06 Aug 2024 07:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112758

Actions (login required)

View Item View Item