EVALUASI PROSES BISNIS PENGIRIMAN BARANG PADA PERUSAHAAN LOGISTIK DIGITAL FREIGHT FORWARDING

Oktaviana, Rizka (2024) EVALUASI PROSES BISNIS PENGIRIMAN BARANG PADA PERUSAHAAN LOGISTIK DIGITAL FREIGHT FORWARDING. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 6032221205-Master_Thesis.pdf] Text
6032221205-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pada perusahaan digital freight forwarding, keseluruhan proses bisnis mulai dari penawaran RFQ hingga shipment terkirim sudah terekam pada aplikasi ELI Trade. Proses penawaran RFQ memegang peran penting dalam terselenggaranya proses bisnis. Hal yang mendasari dalam keberhasilan proses penawaran RFQ pada perusahaan jasa logistik adalah ketepatan waktu dan harga. Dalam hal ini masih terdapat celah perbaikan untuk mengevaluasi proses operasional yang terjadi pada sistem mengingat tahap proses penawaran RFQ merupakan bagian penting dalam proses bisnis karena menentukan keberhasilan shipment apakah akan dijalankan atau gagal/batal.
Pendekatan penelitian menggunakan Process Mining (PM) dengan menggunakan data event log proses layanan pengiriman barang end to end yang tercatat dalam sistem. Data event log merekam data dari tiap kasus pengiriman barang, aktivitas yang dilakukan, dan catatan waktu dari tiap aktivitas. Data tersebut diekstrak dari platform ELI Trade, kemudian diolah untuk menemukan model proses aktual dari layanan pengiriman barang. Model proses tersebut dapat dianalisis lebih lanjut untuk menemukan data durasi waktu tiap proses, identifikasi variasi dalam proses, serta deteksi penyimpangan dari proses yang diharapkan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang ada. Hasil temuan dari proses identifikasi tersebut digunakan sebagai dasar perbaikan pada tahap analisis proses. Tahap analisis proses dilakukan dengan metode analisis cause/effect untuk menemukan akar permasalahan pada proses yang terkait. Tahap terakhir pada penelitian ini adalah usulan perbaikan proses yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi waktu proses layanan pengiriman barang.
Bagi perusahaan, penelitian ini memberikan gambaran aktivitas proses operasional end-to-end yang tercatat pada sistem sehingga dapat mengidentifikasi urutan dari setiap proses layanan pengiriman barang terhadap SOP perusahaan yang ada. Dari visualisasi urutan proses tersebut, perusahaan juga dapat mengidentifikasi proses mana yang tidak efektif dan efisien pada bagian spesifik tertentu sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk peningkatan proses bisnis yang berpengaruh pada efektivitas dan efisiensi operasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Event Log, Freight Forwarding, Proses Bisnis, Process Mining Digitalisation, Event Log, Freight Forwarding, Business Process, Process Mining
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Rizka Oktaviana
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:28
Last Modified: 02 Aug 2024 08:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112767

Actions (login required)

View Item View Item