Optimasi Rute Program Tol Laut Indonesia: Model Operasi Hub-And-Spoke yang Diterapkan Pada Rute Tol Laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)

Prakasa, Gilang (2024) Optimasi Rute Program Tol Laut Indonesia: Model Operasi Hub-And-Spoke yang Diterapkan Pada Rute Tol Laut PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6021211010-Master_Thesis_Gilang Prakasa.pdf] Text
6021211010-Master_Thesis_Gilang Prakasa.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi model hub-and-spoke untuk optimalisasi rute kapal tol laut Pelni. Hal ini bertujuan untuk menjawab tantangan terkait efisiensi rute, khususnya dalam mengurangi konsumsi bahan bakar, waktu perjalanan, dan jarak tempuh pelayaran. Jalur-jalur yang dilalui kapal tol laut Pelni dalam program tol laut yang ada saat ini masih menimbulkan inefisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar, dan jarak atau waktu tempuh sehingga memerlukan optimalisasi. Adanya kebutuhan untuk mengatasi masalah ini dengan menyelidiki dan mengembangkan solusi perencanaan rute yang optimal.
Skenario dalam penelitian ini yang dieksplorasi adalah menggunakan pelabuhan Sorong sebagai hub pusat, kemudian melakukan re-rute T-10 dan T-11. Berdasarkan skenario dan perhitungan biaya, konsep hub-and-spoke memberikan dampak terutama pada optimalisasi waktu pelayaran, jarak tempuh, dan efisiensi bahan bakar jika dibandingkan dengan rute eksisting. Wawancara dengan perwakilan Pelni sebagai operator mengkonfirmasi kemungkinan model ini untuk wilayah timur, namun tetap menekankan perlunya perencanaan dan penilaian logistik yang lebih rinci.
Rekomendasi bagi stakeholders termasuk meningkatkan analisis data untuk evaluasi rute dan meningkatkan infrastruktur di pelabuhan-pelabuhan kecil untuk memastikan keberhasilan program. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi lebih banyak rute untuk menerapkan konsep hub-and-spoke, dan juga menggunakan berbagai model untuk memberikan perspektif komparatif dengan hub-and-spoke untuk mendapatkan efisiensi yang optimal dari program tol laut ini.
======================================================================
This research focuses on the implementation of the hub-and-spoke model for optimizing Pelni's sea highway ship routes. It addresses the challenges of route efficiency, particularly in reducing fuel consumption, travel time, and distance. The current routes followed by Pelni's sea highway ships within the sea highway program still need optimization, leading to inefficiencies in terms of fuel consumption, and distance or travel time. There is a need to address this issue by investigating and developing an optimized route-planning solution.
A scenario in this research is explored where Sorong port serves as a central hub, restructuring routes T-10 and T-11. According to the scenario and calculation of the costs, the hub-and-spoke concept impacts, particularly in optimizing voyage times, mileage, and fuel efficiency, if compared with the existing route. Interviews with the representative of Pelni as operator, confirm the possibility of this model for the eastern region, emphasizing the need for detailed logistical planning and assessment.
Recommendations for the stakeholders include enhancing data analytics for route evaluation and improving infrastructure at smaller ports to ensure the success of the program. For future research, it is recommended to explore more routes to implement hub-and-spoke concept, and also using various models to provide a comparative perspective with hub-and-spoke to get an optimum efficiency of this program.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rute kapal tol laut Pelni, hub-and-spoke, optimasi
Subjects: V Naval Science > VK > VK570 Optimum ship routing.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering
Depositing User: Gilang Prakasa
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:43
Last Modified: 09 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112976

Actions (login required)

View Item View Item