Evaluasi Lokasi dan Jumlah Gudang Yang optimal pada Sistem Distribusi Perusahaan Minyak pelumas.

Widiyanto, Rakhmat (2024) Evaluasi Lokasi dan Jumlah Gudang Yang optimal pada Sistem Distribusi Perusahaan Minyak pelumas. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 6032221173-MASTER_TESIS.pdf] Text
6032221173-MASTER_TESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan jumlah dan lokasi gudang yang optimal sangat krusial dalam meningkatkan efisiensi jaringan distribusi, memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya transportasi, mempercepat waktu pengiriman barang, dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan mereka secara lebih cepat dan efisien. PT XYZ menerapkan kebijakan pembatasan biaya operasional untuk mengendalikan pengeluaran dikarenakan biaya logistik di beberapa wilayah tetap tinggi dan tidak kompetitif meskipun menggunakan 6 gudang yang dikelola oleh penyedia jasa logistik pihak ketiga (3PL). Oleh karena itu, evaluasi terhadap desain jaringan distribusi diperlukan untuk mendapatkan jumlah dan lokasi gudang yang optimal guna mengurangi biaya distribusi sesuai dengan kebijakan pembatasan biaya operasional yang diterapkan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Integer Linear Programming (MILP) untuk menentukan jumlah dan lokasi gudang yang optimal. MILP adalah metode matematis yang memungkinkan penentuan solusi optimal dalam masalah kompleks dengan memperhitungkan berbagai variabel dan batasan secara simultan. MILP memungkinkan pemodelan simultan berbagai faktor seperti biaya, kapasitas dan permintaan untuk menemukan solusi yang meminimalkan biaya total dan memenuhi kebutuhan logistik secara efisien. Optimasi dengan metode MILP mengurangi jaringan distribusi PT XYZ menjadi 5 gudang dengan meningkatkan jumlah pengiriman langsung dari RDC ke konsumendan menurunkan total biaya distribusi sebesar Rp 14.231.161.161/tahun. Penempatan gudang strategis dan penggunaan kendaraan optimal mengurangi frekuensi pengiriman, mengakibatkan penurunan kebutuhan untuk pemgiriman dari pabrik ke DC sebesar 18% dan potensi penghematan pengiriman dari DC ke konsumen sebesar 51%. Dengan demikian, PT XYZ dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Warehouse, 3PL, Logistic, Mixed Integer Linear Programming.Gudang, 3PL, Logistik, Mixed IntegerLinear Programming
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Rakhmat Widiyanto
Date Deposited: 07 Aug 2024 16:14
Last Modified: 07 Aug 2024 16:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113077

Actions (login required)

View Item View Item