Achmad, Alvin Januar (2024) Evaluasi Kondisi dan Tingkat Kerusakan Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga (Studi Kasus Jalan Batas Kab. Lamongan – Batas Kota Gresik STA 46+000 - 54+800. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10111810013037-Undergraduate Thesis for D4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (41MB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi jalan, terutama bagian perkerasan jalan, sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial, sehingga konstruksi, pengawasan, dan pemeliharaan yang berkelanjutan mutlak diperlukan. Jalan Nasional Lamongan-Gresik, merupakan jalan dengan fungsi arteri primer di Kota Lamongan yang banyak dilalui kendaraan berat dan kondisi cuaca yang bervariasi menyebabkan kerusakan. Untuk menjaga kualitas jalan, penilaian terhadap kondisi jalan yang ada sangat penting. PCI (Pavement Condition Index) dan Bina Marga dapat digunakan untuk mengevaluasi kondisi jalan lalu merencanakan penanganan yang tepat dengan peraturan yang berlaku. GIS (Geographic Information System) adalah teknologi informasi geografis yang berharga untuk mengevaluasi dan memelihara jalan raya, karena dapat meningkatkan efisiensi waktu, akurasi, dan efektivitas biaya dalam proses pemetaan dan analisis geografis. Penelitian ini berfokus tentang identifikasi kerusakan perkerasan, penentuan jenis penanganan, dan estimasi biaya perbaikan perkerasan lentur dengan menerapkan GIS. Data yang diperoleh dari proyek ini adalah data LHR, data AHS dalam bentuk soft file. Data diolah untuk dijadikan analisa kerusakan dan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut. Dengan menggunakan metode PCI ( Pavement Condition Index ) dan metode Bina Marga, data kerusakan perkerasan jalan tersebut diolah Dari hasil pengolahan data, dapat dibuat evaluasi perhitungan kerusakan untuk kemudian dihitung volumenya, kemudian dilakukan perbaikan dan pemeliharaan menggunakan kedua metode Pavement Condition Index dan Bina Marga. Terakhir dilaksanakan proses perhitungan biaya keseluruhan dengan Adapun alat bantu yang digunakan dalam melakukan evaluasi ini di antaranya adalah kamera, pulpen, buku catatan, roll meter, formulir survei, dan data jalan. Hasil survei lapangan sepanjang 8,8 km ditemukan terdapat tujuh jenis kerusakan yang ditemukan, terdiri atas alur, pengausan, pelepasan butir, tambalan, lubang, retak kulit buaya , dan retak halus. Setelah dilakukan perhitungan dengan kedua metode, hasil rata-rata nilai metode PCI adalah 60.9 yang dikategorikan (Bagus / Good) dan nilai Bina Marga adalah 3,38, sehingga masuk dalam program pemeliharaan rutin. Metode perbaikan yang digunakan meliputi Pengaspalan, Pengisian Retak, Penambalan Lubang, dan Perataan Permukaan. Selanjutnya untuk rencana anggaran biaya mendapatkan pembulatan estimasi biaya yang diperlukan untuk perbaikan adalah sebesar Rp3.966.400.000,00-. Terbilang sebesar Tiga Miliar Sembilanratus Enampuluh Enam Juta Empatratus Ribu Rupiah
=================================================================================================================================
Road conditions, especially the pavement, are critical to economic and social growth, so ongoing construction, monitoring, and maintenance are necessary. The Lamongan-Gresik National Road, a primary arterial road in Lamongan City, is heavily traveled by heavy vehicles and weather conditions can cause damage. To maintain road quality, an assessment of the existing road condition is essential. PCI (Pavement Condition Index) and Bina Marga can be used to evaluate road conditions and then plan appropriate treatments according active regulations. GIS (Geographic Information System) is a valuable geographic information technology for evaluating and maintaining roads, as it can improve time efficiency, accuracy, and cost-effectiveness in the geographic mapping and analysis process. This research focuses on identifying pavement damage, determining the type of treatment, and estimating the cost of repairing flexible pavement while applying GIS. The data required for this project are Daily Traffic (LHR) data, Price per Unit Analysis (AHS) data in the form of soft files. The data is processed to analyse the damage and traffic density on the road. By using the PCI (Pavement Condition Index) method and the Bina Marga method, the pavement damage data is calculated. From the results of data processing, an evaluation of damage calculations can be made and then the volume is calculated, repairs and maintenance are carried out using both Pavement Condition Index and Bina Marga methods. The tools used in conducting these surveys include cameras, pens, notebooks, roll meters, survey forms, and road data. The results of the 8.8 km field survey found that there are seven types of damage found, consist of rutting, polished aggregates, weathering / ravelling, patches, potholes, alligator cracking, and smooth cracking. After calculating with both methods, the average value of the PCI method is 60.9 which is categorized (Good / Baik) and the Bina Marga value is 3.38, ultimately included in the routine maintenance program. The repair methods used include P2, P4, P5, and P6. Furthermore, for the cost budget plan, the estimated budget required for repairs is Rp3.966.400.000,00-. (Three Billion Nine Hundred Sixty Six Million Four Hundred Thousand Rupiah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Jalan, Kerusakan, Perbaikan, Perkerasan, Evaluation, Road, Damage, Repair, Pavement. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250.P475 Pavements--Design and construction--Estimates. T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction |
Divisions: | Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4) |
Depositing User: | Alvin Januar Achmad |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:01 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113092 |
Actions (login required)
View Item |