Penilaian Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Taman 10 Nopember Surabaya

Putri, Tiara Mariza (2024) Penilaian Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Taman 10 Nopember Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201134-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201134-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Surabaya 2018-2038,
pengembangan ruang terbuka hijau di Kecamatan Tambaksari sangat diperlukan
mengingat tingginya kepadatan penduduk sebesar 24.409 jiwa/km² dengan total 226.995
jiwa pada tahun 2023. Tingginya kepadatan penduduk sering kali menyebabkan
peningkatan tingkat stres dan kecemasan sehingga masyarakat sering kali membutuhkan
ruang terbuka hijau untuk menemukan tempat untuk bersantai dan berinteraksi sosial.
Kecamatan Tambaksari merupakan kecamatan dengan dominasi permukinan padat
penduduk sehingga adanya keterbatasan lahan di Kecamatan Tambaksari untuk
dimanfaatkan sebagai taman, maka dibutuhkan peningkatan layanan fasilitas taman kota
dengan melihat dari persepsi pengunjung. Penelitian ini menggunakan analisis Service
Quality dan analisis IPA dengan Accidental Sampling, melibatkan 100 pengunjung
Taman 10 Nopember sebagai responden untuk menganalisis persepsi mereka terhadap
fasilitas taman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman 10 Nopember memiliki potensi besar
dalam memenuhi kebutuhan rekreasi, olahraga, dan sosial masyarakat Fasilitas di Taman
10 Nopember adalah Trotoar, Signage, Jogging track, Air mancur, Vegetasi,
Aksesibilitas, Ramp, Lampu penerangan, Plaza, Bangku. Terdapat fasilitas yang tidak
tersedia di Taman 10 Nopember yaitu alat fitnes ringan. Setelah dilakukan analisis
Service Quality dan IPA menunjukkan bahwa 1. Bangku taman termasuk dalam kategori
buruk atau kinerja yang rendah namun memiliki tingkat kepentingan yang tinggi sehingga
diperlukan pengalokasian sumber daya penyediaan bangku taman. Air mancur termasuk
dalam kategoti tinggi atau kinerja yang tinggi namun memiliki tingkat kepentingan yang
rendah sehingga diperlukan pertimbangan dengan pengalihan sumber daya terkait air
mancur untuk mendukung fasilitas lain dengan tingkat kepentingan yang tinggi.
Sedangkan pedestrian, taman, jogging track, vegetasi memiliki kinerja yang tinggi
dengan kepentingan yang tinggi sehingga dapat dipertahankan kualitas kinerja dari ke-4
fasilitas tersebut.
Kata Kunci : Fasilitas Taman, Layanan Taman, Taman Kota, Service Quality, Analisis
IPA
===================================================================================================
Based on the Surabaya City Detailed Spatial Plan (RDTR) 2018-2038, the
development of green open space in Tambaksari Sub-district is needed considering the
high population density of 24,409 people/km² with a total of 226,995 people in 2023. The
high population density often leads to increased levels of stress and anxiety so people
often need green open spaces to find a place to relax and interact socially. Tambaksari
Sub-district is a sub-district with a dominance of densely populated settlements so that
there is limited land in Tambaksari Sub-district to be utilized as a park, it is necessary to
improve the service of city park facilities by looking at visitor perceptions. This study
uses Service Quality analysis and IPA analysis with Accidental Sampling, involving 100
visitors to Taman 10 November as respondents to analyze their perceptions of park
facilities..
The results showed that Taman 10 November has great potential in meeting the
recreational, sports, and social needs of the community. The facilities in Taman 10
November are sidewalks, signage, jogging tracks, fountains, vegetation, accessibility,
ramps, lighting, plazas, benches. There are facilities that are not available at Taman 10
November, namely light fitness equipment. After analyzing Service Quality and IPA, it
shows that 1. Park benches are included in the poor or low performance category but
have a high level of importance so that it is necessary to allocate resources to provide
park benches. The fountain is included in the high category or high performance but has
a low level of importance so that consideration is needed by transferring resources related
to the fountain to support other facilities with a high level of importance. While
pedestrians, parks, jogging tracks, vegetation have high performance with high
importance so that the performance quality of the 4 facilities can be maintained.
Keywords: Park Facilities, Park Services, City Parks, Service Quality, IPA Analysis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Taman, Layanan Taman, Taman Kota, Service Quality, Analisis IPA, Park Facilities, Park Services, City Parks, Service Quality, IPA Analysis
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tiara Mariza Putri
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:32
Last Modified: 08 Aug 2024 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113124

Actions (login required)

View Item View Item