Analisis Penentuan Nilai Lokasi Usaha Waralaba Makanan dan Minuman di Kawasan Perkotaan Yogyakarta berdasarkan Sudut Pandang Waralaba

Ramadhani, Fiska Nur Hasna (2024) Analisis Penentuan Nilai Lokasi Usaha Waralaba Makanan dan Minuman di Kawasan Perkotaan Yogyakarta berdasarkan Sudut Pandang Waralaba. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201144-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201144-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian Indonesia sebagian besar didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga dan salah satu industri yang berkembang pesat adalah industri makanan dan minuman. Model bisnis waralaba merupakan bisnis yang menjanjikan dan berpotensi memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Daerah Istimewa Yogyakarta menawarkan peluang yang menarik bagi para pelaku bisnis kuliner untuk mengembangkan usaha mereka. Pemilik masing-masing usaha bisnis waralaba mempunyai faktor pertimbangan sendiri dalam menentukan lokasi, sehingga diperlukan adanya kajian yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menentukan lokasi waralabanya. Jarak merupakan salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh franchisor. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai lokasi waralaba makanan dan minuman di Kawasan Perkotaan Yogyakarta berdasarkan sudut pandang waralaba. Penelitian ini menggunakan variabel jarak, seperti jarak terhadap jalan kolektor, jarak terhadap prasarana transportasi umum, jarak terhadap permukiman, dan jarak terhadap waralaba sejenis. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan variabel nonjarak, seperti jumlah penduduk dan pendapatan. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk mengukur bobot secara signifikan dari setiap variabel yang mempengaruhi nilai lokasi waralaba makanan dan minuman. Analisis Buffer digunakan untuk menentukan data jarak pada setiap waralaba yang kemudian diproses menggunakan analisis skoring. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa klasifikasi nilai lokasi usaha waralaba makanan dan minuman di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada pemilik usaha mengenai nilai lokasi yang bisa digunakan untuk menentukan lokasi waralaba yang baru.
========================================================================================================================
The Indonesian economy is largely driven by increased household consumption, and one of the rapidly growing industries is the food and beverage industry. The franchise business model is promising and has the potential to positively impact economic growth. The Special Region of Yogyakarta offers attractive opportunities for culinary business entrepreneurs to expand their ventures. Each franchise business owner has their own considerations when determining the location, necessitating a study that can help business owners choose their franchise locations. Distance is one of the main factors considered by franchisors. Therefore, this study aims to determine the value of food and beverage franchise locations in the Yogyakarta Urban Area from a franchise perspective. The study uses distance variables, such as distance to collector roads, distance to public transportation infrastructure, distance to residential areas, and distance to similar franchises. Additionally, the study also uses non-distance variables, such as population and income. The Analytic Hierarchy Process (AHP) method is used to significantly measure the weight of each variable affecting the value of food and beverage franchise locations. Buffer analysis is used to determine the distance data for each franchise, which is then processed using scoring analysis. The results of this study reveal several classifications of the value of food and beverage franchise locations in the Yogyakarta Urban Area. These findings are expected to provide recommendations to business owners regarding the location value that can be used to determine new franchise locations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kawasan Perkotaan Yogyakarta, Nilai Lokasi, Waralaba Makanan dan Minuman, Food and Beverage Franchises, Location Value, Yogyakarta Urban Area.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fiska Nur Hasna Ramadhani
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:51
Last Modified: 06 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113192

Actions (login required)

View Item View Item