Evaluasi Tahapan Pemadaman Kebakaran oleh Awak Kapal pada Kapal Ro-Ro Penumpang

Firdayanti, Trishia (2024) Evaluasi Tahapan Pemadaman Kebakaran oleh Awak Kapal pada Kapal Ro-Ro Penumpang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201048-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) mencatat bahwa 27 dari 74 kasus kecelakaan kebakaran kapal terjadi pada kapal roll on-roll off (Ro-Ro)/Ro-Ro penumpang. Berdasarkan hasil investigasi, sebagian besar kasus kebakaran terjadi pada geladak kendaraan saat kondisi kapal berlayar dan berakhir dengan kapal mengalami kerugian besar ataupun memakan korban jiwa karena gagal dipadamkan. Waktu mulai pemadaman oleh awak kapal adalah waktu yang sangat penting untuk keberhasilan pemadaman kebakaran. Pada penelitian ini, keefektifan prosedur pemadaman kebakaran dianalisis dari segi waktu berdasarkan kondisi kebakaran dari muatan truk yang umum dibawa di geladak kendaraan. Penelitian ini dilakukan dengan metode agent-based simulation (ABS) untuk mendapatkan hasil waktu yang dibutuhkan tim pemadam untuk sampai di lokasi kebakaran. Kondisi kebakaran dianalisis menggunakan fire dynamic simulator (FDS) berdasarkan tingkat keparahan api yang dilihat dari kurva heat release rate (HRR) terhadap waktu dan temperatur pada waktu tersebut. Hasil dari simulasi ABS menyatakan bahwa tim pemadam membutuhkan waktu sekitar 13-14 menit untuk sampai di lokasi kebakaran, dimana pada waktu tersebut, api telah berkembang sepenuhnya dan temperatur telah melewati batas ketahanan peralatan pemadaman. Oleh karena itu, diberikan rekomendasi penyesuaian jarak kendaraan, lokasi peralatan pemadaman, dan penugasan peran terhadap tim pemadam. Penerapan dari rekomendasi tersebut menghasilkan waktu yang dibutuhkan tim pemadam sampai di lokasi kebakaran menjadi sekitar 9 menit dimana api masih dalam tahap pertumbuhan dan temperatur masih dalam standar ketahanan peralatan pemadam kebakaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: agent-based simulation, car deck fire, fire dynamic simulator, fire-fighters, kebakaran geladak kendaraan, tim pemadam kebakaran
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements
Q Science > QC Physics > QC320 Heat transfer
V Naval Science > VK > VK1258 Ships--Fires and fire prevention
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Trishia Firdayanti
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:05
Last Modified: 06 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113310

Actions (login required)

View Item View Item