Pemodelan Hidrodinamika 3 Dimensi Untuk Mengestimasi Laju Sedimen di Teluk Lamong

Zahra, Ayu Isnania (2024) Pemodelan Hidrodinamika 3 Dimensi Untuk Mengestimasi Laju Sedimen di Teluk Lamong. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6016221014-Master_Thesis.pdf] Text
6016221014-Master_Thesis.pdf

Download (9MB)

Abstract

Terminal Teluk Lamong yang merupakan bagian dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berfungsi sebagai terminal peti kemas. Pelabuhan yang berada di wilayah Surabaya tersebut menyebabkan tingginya aktivitas lalu lintas kapal di perairan Teluk Lamong dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi sedimentasi yang terbawa dari sungai–sungai menuju ke laut. Proses sedimentasi di perairan dapat menimbulkan permasalahan karena dapat mengakibatkan pendangkalan, sehingga perlu dilakukan pemeliharaan dan pemantauan kedalaman alur pelayaran untuk menjaga keselamatan lalu lintas laut. Oleh karena itu, agar proses pengerukan dan evaluasi dampak sedimen pada area pelabuhan dapat berjalan efektif, diperlukan pengetahuan tentang hidrodinamika air laut dan angkutan sedimen di wilayah perairan tersebut. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan untuk mengetahui pola arus dan sebaran sedimen adalah melalui penerapan model numerik dengan persamaan hidrodinamika baroklinik tiga dimensi. Penelitian pemodelan numerik pada penelitian ini menggunakan data pasang surut, sampel sedimen, debit sungai, salinitas dan suhu untuk mengetahui pola arus dan laju sebaran material sedimen secara periodik dan berkesinambungan sebagai bahan evaluasi Terminal Teluk Lamong serta dapat dijadikan acuan dalam perencanaan pengerukan untuk menjaga kedalaman perairan Terminal Teluk Lamong. Pada penelitian ini didapatkan kecepatan arus paling tinggi pada saat spring tide mencapai 0,9 m/s dan pada saat neap tide sebesar 0,4 m/s. Pola sebaran sedimen yang terbentuk di perairan Terminal Teluk Lamong mempengaruhi keberadaan dermaga pada kondisi morfologi dasar laut. Pendangkalan atau sedimentasi terbesar terjadi di Terminal Teluk Lamong sebesar 0,055 m/bulan di sekitar jetty, sehingga diperlukan pemantauan kedalaman secara rutin di area tersebut.
========================================================================================================================
Teluk Lamong Terminal, which is part of the Tanjung Perak Port in Surabaya, functions as a container terminal. The port in the Surabaya area causes high ship traffic activity in the waters of Lamong Bay and it is possible that sediment will be carried away from rivers heading towards the sea. The sedimentation process in waters can cause problems because it can cause shallowing of the waters, so it is necessary to maintain and monitor the depth of shipping lanes to maintain the safety of sea traffic. Therefore, in order for the dredging process and evaluation of the impact of sediment on the port area to be effective, knowledge of the hydrodynamics of sea water and sediment transport in the water area is required. In this research, the approach taken to determine current patterns and sediment distribution is through the application of a numerical model with three–dimensional baroclinic hydrodynamic equations. The numerical modelling study in this research uses tidal data, sediment samples, salinity and temperature to determine current patterns and the rate of distribution of sediment material periodically and continuously as an evaluation of Teluk Lamong Terminal and can be used as a reference in planning dredging to maintain the depth of the waters of the Teluk Lamong Terminal. In this research, the highest current velocity was obtained at the time of spring tide reaching 0.9 m/s and at the neap tide of 0.4 m/s. The sediment distribution pattern formed in the waters of Lamong Bay affects the existence of the pier in the morphological conditions of the seabed. The largest siltation or sedimentation occurred at Teluk Lamong Port 0.055 m/month near jetty, so routine depth monitoring is needed in that area.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Current, Hydrodynamic Modeling, Sediment Arus, Pemodelan Hidrodinamika, Sedimen
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC175.2 Sediment transport
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis
Depositing User: AYU ISNANIA ZAHRA
Date Deposited: 10 Aug 2024 07:11
Last Modified: 10 Aug 2024 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113553

Actions (login required)

View Item View Item