Redesain Lobi Stasiun Madiun Dengan Konsep “Smart Heritage Station” Guna Meningkatkan Experience Pengunjung

Dewi, Karisma Cantika (2024) Redesain Lobi Stasiun Madiun Dengan Konsep “Smart Heritage Station” Guna Meningkatkan Experience Pengunjung. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5029201076-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5029201076-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah mendorong proses globalisasi,
membawa dampak positif seperti kemajuan komunikasi dan transportasi namun juga
menyebabkan terkikisnya kebudayaan. Di Indonesia, negara yang kaya akan warisan budaya,
banyak situs warisan yang perlu dilestarikan. Salah satunya Stasiun Madiun, stasiun besar tipe
A yang tergolong bangunan cagar budaya kategori C ini Sejak didirikan pada tahun 1882 telah
banyak mengalami perubahan interior sehingga mengakibatkan hilangnya identitas aslinya.
Data Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menunjukkan lebih dari 6,6 juta
penumpang menggunakan kereta api di Jawa Timur pada tahun 2021, menunjukkan tingginya
minat terhadap moda transportasi tersebut. Sejalan dengan visi PT KAI untuk menjadi solusi
ekosistem transportasi terbaik bagi Indonesia, diusulkan desain ulang lobi Stasiun Madiun
dengan konsep smart Heritage Station untuk mengenalkan budaya dan meningkatkan
Experiance pengguna.
Konsep Smart Heritage Station mengintegrasikan teknologi modern dengan warisan
budaya tidak hanya mendukung misi PT KAI dalam menyediakan sistem transportasi yang
aman, efisien, dan berbasis digital, namun juga pelestarian budaya Menggabungkan keaslian
arsitektur dengan kemajuan teknologi diharapkan dapat memberikan kenyamanan, efisiensi,
dan pengalaman berbeda bagi pengguna. Hal ini didukung oleh penelitian dari (Evangelos
Karapanos, 2010). yang menyatakan bahwa pengalaman positif akan meningkatkan citra
perusahaan. Oleh karena itu, perancangan ulang Stasiun Madiun dengan konsep smart heritage
merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan modernisasi, melestarikan warisan
budaya dan meraih visi Misi PT KAI itu sendiri.
Merancang ruang publik yang inklusif dan dapat diakses oleh semua orang, termasuk
mereka yang mempunyai keterbatasan fisik, sangat penting untuk menciptakan pengalaman
pengguna yang baik. Hal ini sejalan dengan pendapat magaun Selain Kemudahan navigasi dan
kemudahan pemesanan sering kali dilaporkan sebagai aspek pengalaman yang menyenangkan
bagi pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan merasa puas ketika mereka dapat menemukan
produk atau layanan dengan cepat dan mudah (Wiwesa, 2021). Sehingga, perancangan ulang
Stasiun Madiun dengan konsep smart Heritage Station diharapkan tidak hanya meningkatkan
pelayanan dan kepuasan pengguna, namun juga mempererat hubungan Stasiun Madiun (PT
KAI) dengan Kota Madiun, serta mendukung pemajuan budaya dan budaya lokal pariwisata.

==============================================================

The development of technology and science has driven the globalization process,
bringing positive impacts such as advances in communication and transportation but also
causing the erosion of culture. In Indonesia, a country rich in cultural heritage, there are many
heritage sites that need to be preserved. One of them is Madiun Station, a large type A station
which is classified as a category C cultural heritage building. Since it was founded in 1882, it
has undergone many interior changes, resulting in the loss of its original identity. Data from the
East Java Province Communication and Information Service shows that more than 6.6 million
passengers used trains in East Java in 2021, indicating high interest in this mode of
transportation. In line with PT KAI's vision to become the best transportation ecosystem
solution for Indonesia, it is proposed to redesign the Madiun Station lobby with the smart
Heritage Station concept to increase user experience.
The Smart Heritage Station concept integrates modern technology with cultural
heritage, supporting PT KAI's mission to provide a safe, efficient and digital-based
transportation system. Combining architectural authenticity with technological advances is
expected to provide comfort, efficiency and a different experience for users. This is supported
by research from (Evangelos Karapanos, 2010). which states that positive experiences will
improve the company's image. Therefore, redesigning Madiun Station with a smart heritage
concept is a strategic step to answer the challenges of modernization while preserving cultural
heritage.
Designing public spaces that are inclusive and accessible to everyone, including those
with disabilities, is critical to creating a good user experience. This is in line with magaun's
opinion. Apart from that, ease of navigation and ease of ordering are often reported as aspects
of the experience that are enjoyable for customers. In other words, customers feel satisfied when
they can find products or services quickly and easily (Wiwesa, 2021). Thus, the redesign of
Madiun Station with the smart Heritage Station concept is expected to not only improve service
and user satisfaction, but also strengthen the relationship between Madiun Station (PT KAI)
and Madiun City, as well as support the advancement of local culture and culture tourist.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Stasiun Madiun, Pelayanan , smart and fun environtment, experience, Branding, PT KAI , Keywords: Madiun Station, Service, smart and fun environment, experience, Branding, PT KAI
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA6310 Railroad stations.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Karisma Cantika Dewi
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:21
Last Modified: 07 Aug 2024 01:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113588

Actions (login required)

View Item View Item