Implementasi Discrete-event Simulation untuk Optimalisasi Operasional Kapal Tunda di Pelabuhan Tanjung Perak

Sitompul, Bastian (2024) Implementasi Discrete-event Simulation untuk Optimalisasi Operasional Kapal Tunda di Pelabuhan Tanjung Perak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201022-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201022-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kapal berupa penundaan kapal menjadi hal yang penting merujuk pada aturan Peraturan Menteri 57 tahun 2015 dimana terdapat perairan yang termasuk ke dalam wilayah wajib pandu dan tunda. Diketahui bahwa perairan Tanjung Perak termasuk dalam wilayah tersebut. Pada dasarnya pemanduan kapal dilakukan oleh seorang pandu dan penundaan kapal dilakukan oleh kapal tunda . Kedua kegiatan tersebut berfungsi untuk membantu olah gerak kapal di wilayah pelabuhan. Gerakan kapal di wilayah pelabuhan terdiri dari tiga jenis, yaitu masuk, pindah, dan keluar. Pelayanan penundaan kapal akan bergantung pada jumlah kapal tunda yang tersedia. Pada penelitian ini akan dilihat waiting time kapal di wilayah perairan Tanjung Perak. Penelitian ini berguna untuk menentukan jumlah minimum kapal tunda (tug boat) yang melayani agar waktu tunggu tidak terlalu lama bagi kapal yang membutuhkan pelayanan. Akan dianalisis data waktu antar kedatangan kapal, lama waktu pemanduan, dan lama waktu penundaan masing-masing menurut jenis gerakan dengan uji normalitas. Kemudian proses kapal melakukan olah gerak masuk, pindah dan keluar akan dimodelkan dalam perangkat lunak Arena. Untuk mengetahui jumlah kapal tunda yang diperlukan, maka akan dilakukan beberapa skenario dimana kapal tunda sebagai variabelnya. Pada percobaan 1 akan digunakan kapal tunda dengan jumlah eksisting yang melayani di Tanjung Perak Surabaya. Kemudian akan dilakukan penambahan unit kapal tunda pada percobaan berikutnya dengan variasi 2000 DK dan 4800 DK. Hasil simulasi menunjukkan skenario penambahan armada kapal tunda 4800 DK lebih efektif dalam menurunkan waiting time.
============================================================
Ship services in the form of ship towing and pushing asistance are important referring to the Regulation of the Ministry of Transportation of Republic Indonesia No. 57 of 2015 where there are waters included in the mandatory guide and tug area. It is known that Tanjung Perak waters are included in the area. Basically, ship guiding is carried out by a maritime pilot and ship towing and pushing are carried out by tugs. Both activities serve to assist ship movements in the port area. Ship movements in the port area consist of three types, namely entering, moving, and exiting. Ship delay services will depend on the number of tugboats are available. This research will look at the waiting time of ships in the Tanjung Perak water area. This research is useful for determining the minimum number of tug boats that serve so that the waiting time is not too long for ships that need service. The data will be analyzed for the time between ship arrivals, the length of time guiding, and the length of time delaying each according to the type of movement with the normality test. Then the process of ships entering, moving and exiting will be modeled in Arena software. To find out the number of tugs needed, several scenarios will be carried out where the tugboat is the variable. In experiment 1, a tugboat will be used with the existing number of tugs serving in Tanjung Perak Surabaya. Then the addition of tugboat units will be carried out in the next experiment with variations of 2000 DK and 4800 DK. The simulation results show that the scenario of adding a 4800 DK tugboat fleet is more effective in reducing waiting time.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal Tunda, Waktu Tunggu, Discrete-event Simulation, Pemanduan, Penundaan, Tug Boat, Waiting Time, Discrete-event Simulation, Pilotage, Towage
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM464 Towboats. Tugboats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering
Depositing User: Bastian Sitompul
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:14
Last Modified: 07 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113612

Actions (login required)

View Item View Item