Desain dan Analisis Aerodinamika Undertray Diffuser pada Mobil Sapuangin Speed

Arief, Riantama Ichsanun (2024) Desain dan Analisis Aerodinamika Undertray Diffuser pada Mobil Sapuangin Speed. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5009201130-Undergraduate_Theses.pdf] Text
5009201130-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aerodinamika merupakan salah satu bagian yang paling penting yang dapat memengaruhi performa mobil terutama pada mobil balap. Dengan menggunakan desain yang aerodinamis menyebabkan terjadinya peningkatan traksi, penurunan hambatan, serta peningkatan efisien bahan bakar pada mobil. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat aerodinamis pada mobil balap formula Sapuangin Speed dengan penggunaan undertray diffuser dengan menggunakan metode CFD. Simulasi dilakukan dengan membandingkan variasi tiga model undertray diffuser, ketinggian undertray dari 3 sampai 7 cm dari tanah, sudut diffuser dari 10° sampai 20°, dan kecepatan mobil dari 60 km/h sampai 100 km/h. Dari semua variasi tersebut akan dipilih satu model undertray diffuser, ketinggian undertray, sudut diffuser, dan kecepatan mobil terbaik yang menghasilkan nilai downforce yang paling besar dan gaya drag yang paling kecil. Hasil simulasi menunjukkan bahwa model undertray diffuser yang terbaik yaitu separated rear diffuser with splitter dengan ketinggian 5 cm dan sudut 20°. Nilai cd dan cl pada mobil tanpa undertray diffuser ialah 0,5914 dan 0,1220 sedangkan pada mobil dengan undertray diffuser ialah 0,4562 dan -0,0126. Pada trek lurus terjadi kenaikan performa ditunjukkan dengan kecepatan maksimum yang meningkat sebesar 3,65 m/s ketika menggunakan undertray diffuser. Sedangkan pada saat berbelok terjadi kenaikan performa sebesar 0,1-0,85% tergantung dengan radius belok.
============================================================
Aerodynamics is one of the most important aspects that can affect the performance of a car, especially in racing cars. Using an aerodynamic design leads to increased traction, reduced drag, and improved fuel efficiency in cars. This final project aims to develop aerodynamic devices on the Sapuangin Speed formula racing car by using an undertray diffuser with the CFD method. The simulation is conducted by comparing three models of undertray diffusers, undertray heights ranging from 3 to 7 cm from the ground, diffuser angles from 10° to 20°, and car speeds from 60 km/h to 100 km/h. Among all these variations, one undertray diffuser model, undertray height, diffuser angle, and car speed that produce the highest downforce and the lowest drag will be selected. The simulation results show that the best undertray diffuser model is the separated rear diffuser with splitter at a height of 5 cm and an angle of 20°. The Cd and Cl values for the car without an undertray diffuser are 0.5914 and 0.1220, respectively, while for the car with an undertray diffuser, they are 0.4562 and -0.0126. On a straight track, performance is improved as indicated by a maximum speed increase of 3.65 m/s when using the undertray diffuser. During cornering, performance improvement ranges from 0.1% to 0.85% depending on the turning radius

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamis, CFD, Diffuser, FSAE
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Riantama Ichsanun Arief
Date Deposited: 08 Aug 2024 15:18
Last Modified: 08 Aug 2024 15:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113651

Actions (login required)

View Item View Item