Studi Numerik Pengaruh Variasi Jumlah Sudu dan Debit Pompa Terhadap Medan Aliran Pompa Sentrifugal dengan Blade Eliptical Leading-Edge

Pajung, Bernard Alexander Tandi Sampe (2024) Studi Numerik Pengaruh Variasi Jumlah Sudu dan Debit Pompa Terhadap Medan Aliran Pompa Sentrifugal dengan Blade Eliptical Leading-Edge. Other thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5007201243-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5007201243-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bentuk leading edge dan jumlah sudu impeller terhadap performa pompa sentrifugal pada berbagai kapasitas aliran. Studi numerik dan simulasi dilakukan untuk mengevaluasi aliran di dalam impeller passage serta dampaknya terhadap nilai head dan efisiensi pompa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pompa dengan kapasitas aliran rendah menyebabkan aliran dalam impeller menjadi tidak stabil, memicu gangguan aliran seperti vortex dan separasi yang berdampak negatif pada nilai head dan efisiensi. Pada kapasitas rendah, teridentifikasi dua pasangan vortex dalam impeller passage: satu di bagian belakang passage akibat lemahnya tekanan dinamis, dan satu di daerah leading edge akibat aliran memasuki passage dengan angle of attack negative, membentuk vortex berlawanan arah jarum jam (CCW). Studi juga menunjukkan bahwa bertambahnya jumlah sudu meningkatkan kelurusan aliran dan mengurangi potensi vortex, sedangkan jumlah sudu yang berkurang memperburuk guidance aliran dan mendukung terjadinya vortex. Variasi jumlah sudu impeller mempengaruhi peningkatan head, tekanan, dan efisiensi, dengan efisiensi tertinggi sebesar 82,092% pada kapasitas 3 kg/s untuk impeller dengan 8 sudu dan nilai head sebesar 12,104 m namun peningkatan jumlah sudu tidak signifikan dikarenakan dengan meningkatnya jumlah sudu meningkat pula luas penampang untuk terjadinya friction losses. Selain itu, pompa dengan leading edge berbentuk elips menunjukkan performa lebih baik dalam mengarahkan aliran dari suction side ke impeller, mengurangi pembentukan separasi dan vortex. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang optimasi desain impeller untuk meningkatkan efisiensi dan performa pompa sentrifugal pada berbagai kondisi operasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ919 Centrifugal pumps--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering
Depositing User: Bernard Alexander Tandi Sampe Pajung
Date Deposited: 08 Aug 2024 13:37
Last Modified: 08 Aug 2024 13:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113714

Actions (login required)

View Item View Item