Sistem Pemantauan Curah Hujan dan Kecepatan Angin Sebagai Analisis Evaporasi Guna Smart Irrigation System

Pristiana, Nuur Rachmalia (2024) Sistem Pemantauan Curah Hujan dan Kecepatan Angin Sebagai Analisis Evaporasi Guna Smart Irrigation System. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2042201121-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2042201121-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan air di Indonesia saat ini sangat dibutuhkan pada semua sektor terutama pada pertanian. Pengairan tanaman padi di sawah dipengaruhi oleh kondisi iklim, salah satunya adalah kecepatan angin dan intensitas curah hujan. Parameter iklim tersebut mempengaruhi evaporasi yang terjadi di lahan pertanian. Evaporasi merupakan kehilangan air akibat adanya penguapan yang terjadi pada air di permukaan tanah yang dipengaruhi oleh siklus hidrologi (menyangkut kecepatan angin, suhu air, dan intensitas cahaya matahari). Kecepatan angin yang berlebih menyebabkan evaporasi semakin meningkat. Curah hujan yang tinggi dapat mengurangi laju evaporasi karena air tanah menjadi berlebih sehingga menghambat evaporasi Saat ini petani masih menggunakan metode Alternate Wetting and Drying (AWD) dalam mengatur pengairan sawah dilakukan secara manual. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sistem kendali cerdas secara otomatis untuk membantu petani dalam memantau kondisi lahan dan pengairan padi sawah secara real time dari jarak jauh. Sehingga pada penelitian akan dirancang “Sistem Pemantauan Curah Hujan Dan Kecepatan Angin Sebagai Analisis Evaporasi Guna Smart Irrigation System Berbasis Internet Of Things” dengan menggunakan anemometer untuk mengukur kecepatan angin, sensor HCSR04 untuk membaca ketinggian air, dan intensitas curah hujan dengan sensor tripping bucket. Hasil seluruh pembacaan sensor akan dikirimkan melalui controller yaitu arduino mega yang menampilkan hasil pembacaan seluruh sensor juga ditampilkan pada layar LCD I2C 20x4. Untuk sistem pengendalian menggunakan close loop sistem dengan aktuator berupa motor DC untuk melakukan on – off sesuai dengan hasil pembacaan parameter. Hasil pembacaan dari sensor tersebut akan membuka water gate .Harapan dari tugas akhir ini adalah sistem dapat diterapkan dalam bidang pertanian dan membantu petani dalam meningkatkan hasil pertanian serta meminimalisir penggunaan air dengan mempertimbangkan kebutuhan air pada tanaman padi dan mempermudah dalam monitoring serta mengatur pengairan padi sawah secara jarak jauh

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaporasi, Kebutuhan Air Tanaman, Kecepatan Angin, Intensitas Curah Hujan. Evaporation, plant water requirements, wind speed, rainfall intensity.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Nuur Rachmalia Pristiana
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:19
Last Modified: 14 Aug 2024 01:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113737

Actions (login required)

View Item View Item