Studi Propagasi Retak pada Core Pelat Sandwich Struktur Kapal menggunakan Finite Element Method

Syahab, Husein (2024) Studi Propagasi Retak pada Core Pelat Sandwich Struktur Kapal menggunakan Finite Element Method. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6018221012-Master_Thesis.pdf] Text
6018221012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan pada struktur kapal menyebabkan pengurangan kekuatan yang akan meningkatkan risiko kegagalan konstruksi. Kerentanan kerusakan pada konstruksi panel sandwich dengan berbahan Baja-Polyurethane elastomer berdensitas rendah perlu dievaluasi dan prediksi terhadap mode kegagalan, khususnya propagasi retak di dalam core. Variasi ketebalan konstruksi serta ukuran initial crack dievaluasi agar dampak rancangan struktur pada kerusakan terhadap beban operasi kapal dapat diketahui. Analisa elemen hingga yang tervalidasi dengan data eksperimen digunakan untuk mensimulasikan dinamika propagasi retak. Ditemukan bahwa tebal core yang lebih tebal serta panjang retak awal yang lebih kecil menunjukkan laju propagasi retak yang lebih lambat dan ekstensi retak yang lebih pendek. Variasi konstruksi tersebut juga menunjukkan nilai faktor reduksi kekuatan yang lebih rendah dan waktu propagasi retak yang lebih lama, menunjukkan peningkatan durabilitas struktural. Oleh karena itu, ketebalan inti yang lebih tebal disarankan untuk meningkatkan ketahanan struktural terhadap kerusakan dan meningkatkan kinerja keseluruhan dalam aplikasinya pada struktur kapal. = Damage to the ship structure causes a reduction in strength which will increase the risk of construction failure. The damage susceptibility of sandwich panel construction made of Steel-Polyurethane low-density elastomer needs to be evaluated and prediction of failure modes, especially crack propagation in the core. Variations in construction thickness and initial crack size are evaluated to determine the impact of structural design on damage to ship operational loads. Finite element analysis validated with experimental data is used to simulate the dynamics of crack propagation. It is found that thicker core thickness and smaller initial crack length indicate slower crack propagation rate and shorter crack extension. The construction variation also shows lower strength reduction factor values ​​and longer crack propagation times, indicating increased structural durability. Therefore, thicker core thickness is recommended to improve structural resistance to damage and improve overall performance in its application in ship structures.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode elemen hingga, Pelat Sandwich, Propagasi Retak, Struktur Kapal.Crack propagation, Finite element method. Sandwich plate, Ship structure.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Husein Syahab
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:20
Last Modified: 13 Aug 2024 04:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113773

Actions (login required)

View Item View Item