Studi Eksperimental Pengaruh Sudut Deflektor di Depan Sudu Advancing dan Returning Terhadap Kinerja Turbin Angin Savonius

Mahardika, Maheswara Rajendra (2024) Studi Eksperimental Pengaruh Sudut Deflektor di Depan Sudu Advancing dan Returning Terhadap Kinerja Turbin Angin Savonius. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5007201230-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5007201230-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, mayoritas masyarakat Indonesia masih menggunakan sumber energi yang berasal dari fosil, terutama minyak bumi dan batu bara. Pada kondisi saat ini cadangan bahan bakar fosil sudah hampir habis. Oleh sebab itu, Indonesia harus memulai memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT). Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memaksimalkan penggunaan energi angin dengan kecepatan angin di Indonesia rata-rata berada diangka 6 m/s hingga 8 m/s. Dengan kondisi tersebut, turbin angin Savonius sangat cocok digunakan di Indonesia. Namun, turbin Savonius memiliki efisiensi yang rendah sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk peningkatan performa turbin. Pada penelitian ini digunakan sebuah deflektor yang diletakkan di depan sudu advancing dan returning. Penelitian ini menggunakan variasi sudut α deflektor untuk mencari sudut yang paling optimal untuk meningkatkan kinerja turbin. Selain varasi sudut, penelitian ini juga menggunakan variasi kecepatan angin. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah penggunaan deflektor dengan konfigurasi (α = 45° β = 45°) memiliki peningkatan nilai Cp terbesar. Peningkatan Cp maksimum yang didapatkan konfigurasi tersebut adalah sebesar 56,9% dari keadaan konvensional. Selain Cp, penggunaan deflektor ini juga meningkatkan Cm dari turbin dan meningkatkan kemampuan dari self starting turbin pada semua konfigurasi.
==========================================================================================
Indonesia's energy needs are increasing every year. However, the majority of Indonesians still use fossil energy sources, primarily oil and coal. Currently, fossil fuel reserves are nearly depleted. Therefore, Indonesia must begin to utilize renewable energy sources (EBT). Indonesia has significant potential to maximize the use of wind energy, with average wind speeds ranging from 6 m/s to 8 m/s. Given these conditions, Savonius wind turbines are well-suited for Indonesia. However, Savonius turbines have low efficiency, so further research is needed to improve their performance. This study uses a deflector placed in front of the advancing and returning blades. The research investigates various deflector angle α to find the optimal angle for enhancing turbine performance. Besides angle variations, the study also examines different wind speeds. The results show that using a deflector with a configuration (α = 45°, β = 45°) provides the highest increase in Cp. The maximum Cp improvement achieved with this configuration is 56.9% compared to the conventional setup. In addition to Cp, the use of this deflector also improves the turbine’s Cm and enhances the self-starting capability of the turbine across all configurations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Renewable Energy, Savonius Wind Turbine, Deflector, Coefficient of Power, Energi Baru Terbarukan, Turbin Angin Savonius, Deflektor, Coefficient of Power
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ266 Turbines. Turbomachines (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maheswara Rajendra Mahardika
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:53
Last Modified: 12 Aug 2024 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113898

Actions (login required)

View Item View Item