Naila, Muthia (2024) Analisis Perbandingan Fasilitas Bongkar Muat Darat dan Terapung: Studi Kasus Komoditas Liquefied Petroleum Gas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5021201033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Konsumsi Liquefied Petroleum Gas (LPG) Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan pada satu dekade terakhir. Tercatat pemakaian LPG Indonesia pada tahun 2023 mencapai 8,7 juta ton, di mana mengalami peningkatan sebesar 1,78% dibandingkan 10 tahun sebelumnya. Produksi yang cenderung minim nyatanya tidak dapat mengimbangi permintaan masyarakat akan kebutuhan LPG yang semakin mengalami peningkatan. Penemuan sumber gas baru serta pemanfaatan lapangan yang telah berproduksi akan terus dipacu untuk membantu mengurangi beban impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fasilitas bongkar muat darat maupun terapung komoditas LPG yang lebih optimal dan efisien dari segi teknis dan biaya penggunaannya serta memberikan rekomendasi dalam penentuan fasilitas bongkar muat LPG kedepannya. Metode analisis sensitivitas digunakan dalam menjawab rumusan masalah pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas bongkar muat LPG selama 20 tahun tinjauan pada lokasi demand lebih baik untuk dibangun pada fasilitas bongkar muat terapung atau FSO dengan anuitas investasi sebesar Rp 626.821 setiap tahunnya. Kenaikan volume demand komoditas LPG menjadikan investasi fasilitas terapung semakin menguntungkan, sebaliknya ketika mengalami penurunan maka investasi terminal LPG akan semakin murah. Kedua kondisi tersebut berlaku ketika menggunakan kapal pengangkut LPG berukuran sedang hingga besar. Saat menggunakan kapal berukuran kecil, biaya yang dihasilkan akan lebih murah ketika menggunakan fasilitas bongkar muat darat. Analisis penentuan lokasi dan fasilitas penunjang harus direncanakan dengan matang agar pemilihan fasilitas bongkar muat LPG menghasilkan keputusan yang akurat.
=================================================================================================================================
Indonesia's consumption of Liquefied Petroleum Gas (LPG) has shown a significant increase over the past decade. In 2023, LPG usage in Indonesia reached 8.7 million tons, marking a 1.78% rise compared to 10 years earlier. The relatively low production levels are unable to meet the increasing demand for LPG from the public. Discovering new gas sources and optimizing existing fields will continue to be prioritized to help reduce import burdens. This study aims to analyze both onshore and floating LPG loading-unloading facilities for optimal and efficient technical performance and cost-effectiveness, and to provide recommendations for future LPG cargo handling facility selection. Sensitivity analysis methods are used to address the research questions in this study. The results show that, over a 20-year review period, LPG cargo handling facilities are better built as Floating Storage and Offloading (FSO) units at demand locations, with an annual investment annuity of Rp 626.821. The increase in LPG demand makes floating facility investments more profitable, while a decrease in demand makes LPG terminal investments cheaper. These conditions apply when using medium to large-sized LPG carriers. For smaller vessels, the costs are lower when using onshore loading-unloading facilities. Location and supporting facility determination should be carefully planned to ensure accurate decision-making in the selection of LPG cargo handling facilities.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sensitivitas, Marine Loading Arm, Spherical Tank, Terminal LPG, Floating Storage and Offloading, LPG Terminal, Sensitivity Analysis |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE551 Cargo handling. Harbors--Management. H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.T3 Tankers H Social Sciences > HG Finance > HG4529 Investment analysis V Naval Science > VK > VK358 Marine terminals |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muthia Naila |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:49 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113977 |
Actions (login required)
View Item |