ANALISIS PERFORMA MESIN STIRLING UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG MAIN ENGINE TUGBOAT

Khuluqunakhwah, Muhammad (2024) ANALISIS PERFORMA MESIN STIRLING UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK MEMANFAATKAN PANAS GAS BUANG MAIN ENGINE TUGBOAT. Other thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201094-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201094-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Analisa striling engine yang bergerak akibat dari pemanfaatan perbedaan suhu panas dan suhu dingin
sebagai fluida kerja, akan memutar flywheel untuk menghasilkan energi kinetik secara terus menerus.
Sumber panas yang diperoleh dari asap gas buang mesin utama kapal tertera pada produk catalogue bersuhu
<400 oC dan sumber suhu dingin diperoleh melalui sistem pendingin air sebelum masuk mesin utama
bersuhu 29 oC. Perbedaan suhu tersebut digunakan untuk merancang stirling engine tipe gamma yang dapat
memanfaatkan sumber suhu (panas dan dingin) di kapal. Hasil perhitungan menunjukkan stirling engine
pada putaran 2500 Rpm dapat menghasilkan gerak mekanis sebesar 3799 Watt, kemudian melalui simulasi
Software Matlab sebagai nilai validasi diperoleh nilai putaran sebesar 2498 Rpm dan daya sebesar 3810
Kw tanpa pembebanan pada suhu tertinggi. Suhu rata-rata kompresi 487.5 oK. Energi kinetik stirling engine
memanfaatkan sumber panas dari knalpot main diesel engine, sehingga suhu panas yang di Simulasikan
pada MATLAB dipengaruhi besar (%) beban main engine. Didapat hasil pada saat besar beban mesin diesel
25% dengan suhu panas 568 oK menghasilkan daya stirling engine sebesar 3608 Watt, saat besar beban
mesin diesel 50% dengan suhu panas 608 oK menghasilkan daya stirling engine sebesar 3608 Watt, saat
besar beban mesin diesel 75% dengan suhu panas 618 oK menghasilkan daya stirling engine sebesar 3766
Watt, saat besar beban mesin diesel 85% dengan suhu panas 623 oK menghasilkan daya stirling engine
sebesar 3761 Watt, saat besar beban mesin diesel 100% dengan suhu panas 642 oK menghasilkan daya
stirling engine sebesar 3777 Watt, saat besar beban mesin diesel 110% dengan suhu panas 663 oK
menghasilkan daya stirling engine sebesar 3810 Watt. Melalui limbah panas dari gas buang mesin utama
terbukti masih dapat dimanfaatkan kembali sebagai sumber energi baru melalui stirling engine. Jika
diaplikasikan alternator, energi ini dapat mengurangi beban kerja generator utama dalam menghasilkan
listrik saat Tugboat beroperasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisa, Performa, Stirling Engine, Tugboat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: muhammad khuluqunakhwah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:23
Last Modified: 07 Aug 2024 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114217

Actions (login required)

View Item View Item