Analisis Drop Tegangan Dengan Berbagai Metode Starting Pada Kapal patroli Cepat 60 Meter Bertenaga Hybrid

Shafira, Farah Jasmine (2024) Analisis Drop Tegangan Dengan Berbagai Metode Starting Pada Kapal patroli Cepat 60 Meter Bertenaga Hybrid. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201109_undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201109_undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi untuk menerapkan solusi ramah lingkungan semakin kuat di industri perkapalan. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk kekhawatiran tentang perubahan iklim dan regulasi lingkungan yang semakin ketat. Salah satu langkah signifikan dalam upaya ini adalah penerapan teknologi hybrid pada kapal patroli cepat berukuran 60 meter. Kapal hybrid ini menggabungkan beberapa sumber energi, seperti turbin angin, panel surya, dan diesel generator, untuk menghasilkan tenaga penggerak. Teknologi ini memiliki banyak manfaat, termasuk pengurangan emisi karbon, peningkatan efisiensi energi, dan pengurangan biaya operasi. Penggunaan teknologi ini juga membawa kompleksitas dalam sistem kelistrikan kapal. Penelitian ini mempelajari drop tegangan dengan berbagai metode starting pada kapal hybrid. Dimana tiga metode starting ini seperti starter Y/D, autotransformer, dan kapasitorbus yang akan di simulasikan komputer menggunakan perangkat lunak analisis sistem tenaga dan analisis data perbandingan. Parameter utama yang dianalisis meliputi besarnya penurunan tenaga, efisiensi energi, dan stabilitas keseluruhan sistem kelistrikan kapal. Metode Y/D menunjukkan keseimbangan yang baik antara pengurangan arus start dan komplesitas implementasi. Autotransformer memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengatur tegangan start, sedangkan kapasitor busbar menunjukkan potensi signifikan dalam meningkatkan profil tegangan sistem secara keseluruhan, selama operasi dinamis kapal. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap karateristik dan metode starting ini dapat di identifikasi risiko potensial dan di kembangkan strategi sesuai standar IEC60364, untuk meningkatkan sistem kelistrikan kapal dan mendukung lingkungan.
==================================================================================================================================
The technology to implement green solution is gaining strength in the shipping industry. This is driven by various factors, including concerns about climate change and increasingly stringent environmental regulations. One significant step in this effort is the implementation of hybrid technology on a 60-meter fast patrol vassel. These hybrid vessels combine multiple energy sources,such as wind turbines, solar panels and diesel generators, to produce propulsion. This technology also brings complexity to the ship electrical system. This research studies the voltage drop eith various starting methods on hybrid ships. Where these three starting methods such as Y/D starter, autotransformer, and capasitor-bus will be computer simulated using power system analysis. The main parameter analyzed include the magnitude of power reduction,energy efficiency,and overall stability of the ship’s electrical system. The Y/D method show a good balance between starting current reduction implementation complexity. Autotransformer provide greater flexibility in starting in starting voltage regulation, while busbar capasitors show significant potential in improving the oberall system voltage profile, during dynamic operation of the vessel. With an in-depth understanding of these characteristics and starting methods, potential risks can be identified and strategies developed according to the IEC60364 standard, to improve the ship’s electrical system and support the environment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Y/D, Autotrafo , Capasitor-Bus, Metode starting
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.S3 Sailing ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farah Jasmine Shafira
Date Deposited: 30 Aug 2024 05:44
Last Modified: 30 Aug 2024 05:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114252

Actions (login required)

View Item View Item