Analisis Kecepatan Lalu Lintas Arah Jalan Raya Kertajaya Indah - iTS pada Hari/Jam Kerja dalam Menentukan Lama Waktu Optimal Lampu Lalu Lintas

Taqiyah, Annisaa' Sha'idatut (2024) Analisis Kecepatan Lalu Lintas Arah Jalan Raya Kertajaya Indah - iTS pada Hari/Jam Kerja dalam Menentukan Lama Waktu Optimal Lampu Lalu Lintas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002201131-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5002201131-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang pesat akan meningkatkan aktivitas penduduk kebutuhan sarana dan prasarana semakin tinggi. Sarana dan prasarana seperti kendaraan bermotor digunakan untuk mobilitas penduduk. Seiring dengan peningkatan pertumbuhan penduduk, jumlah kebutuhan kendaraan bermotor juga akan meningkat. Jumlah kendaraan bermotor yang meningkat di suatu daerah harus disertai dengan perkembangan infrastuktur jalan. Infrastruktur jalan tersebut digunakan memenuhi kebutuhan kendaraan. Jika infrastruktur jalan tidak memenuhi kebutuhan kendaraan, maka akan timbul permasalahan lalu lintas, salah satunya adalah kemacetan. Salah satu cara untuk mengurangi kemacetan adalah dengan memasang lampu lalu lintas. Meskipun demikian, kemacetan masih sering terjadi di jalan tersebut terutama pada hari/jam kerja. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk membentuk model matematika arus lalu lintas menggunakan konsep fluida yang inkompresibel dan unsteady state. Konsep fluida ini menerapkan hukum konservasi massa, persamaan momentum, dan persamaan hukum fisika lain yang masih berkaitan. Model matematika yang didapatkan diselesaikan secara numerik menggunakan metode beda hingga skema Keller Box. Kemudian, dilakukan simulasi numerik menggunakan aplikasi MATLAB dan disesuaikan dengan data primer yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepadatan tidak berpengaruh terhadap kecepatan. Selain itu, kecepatan berbanding lurus dengan waktu. Adapun waktu periodik optimal lampu lalu lintas maksimum untuk setiap periode pengambilan data berkisar antara 167,56-169,85 detik.
===========================================================
Rapid population growth will increase population activity and the need for facilities and infrastructure is getting higher. Facilities and infrastructure such as motorized vehicles are used for population mobility. Along with the increase in population growth, the number of motorized vehicle needs will also increase. The increasing number of motorized vehicles in an area must be accompanied by the development of road infrastructure. The road infrastructure is used to meet the needs of vehicles. If the road infrastructure does not meet the needs of vehicles, traffic problems will arise, one of which is congestion. One way to reduce congestion is by installing traffic lights. Nevertheless, congestion still often occurs on the road, especially on weekdays. Therefore, research was conducted to form a mathematical model of traffic flow using the concept of incompressible and unsteady state fluid. This fluid concept applies the mass conservation law, momentum equation, and other related physical law equations. The obtained mathematical model is solved numerically using the finite difference method of Keller Box scheme. Then, numerical simulations were carried out using the MATLAB application and adjusted to the primary data obtained. The results show that the density has no effect on the velocity. In addition, the speed is directly proportional to the time. The maximum optimal periodic time of traffic lights for each data collection period ranges from 167,56-169,85 seconds.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Traffic Jam, Mass Conservation Law, Momentum Equation, Keller-Box Scheme, Lagrange Polynomial Interpolation, Kemacetan Lalu Lintas, Hukum Konservasi Massa, Persamaan Momentum, Skema Keller-Box, Interpolasi Polinomial Lagrange.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Q Science > QA Mathematics > QA911 Fluid dynamics. Hydrodynamics
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Annisaa' Sha'idatut Taqiyah
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:57
Last Modified: 07 Aug 2024 00:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114281

Actions (login required)

View Item View Item