Kajian Tekno Ekonomi Biomassa Cangkang Sawit Pada Mesin Diesel Yang Dioperasikan dengan Dual Fuel Engine

Suli, Hasman Hasan (2024) Kajian Tekno Ekonomi Biomassa Cangkang Sawit Pada Mesin Diesel Yang Dioperasikan dengan Dual Fuel Engine. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007221043-Master_Thesis.pdf] Text
6007221043-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Cadangan dan produksi minyak bumi Indonesia kian menipis, diiringi dengan konsumsi bahan bakar fosil yang terus meningkat, terutama pemakaian pada mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang ikut memberi dampak pada lingkungan dan memperparah pemanasan global, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan di tahun 2028 untuk mengimplementasikan perdagangan emisi karbon pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dengan daya mampu dibawa 2 MW sebagai komitmen atas keikutsertaan indonesia terhadap tercapainya Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Mengingat besarnya aset negara dalam bentuk mesin pembangkit bertenaga diesel (sekitar 5.200 PLTD) yang masih beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan dan rencana strategis untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa.
Penelitian ini berfokus untuk mengkaji penggabungan penggunaan bahan bakar antara biosolar B35 dan syngas pada mesin diesel yang disebut dengan teknologi dual fuel engine dengan memanfaatkan limbah sampah biomassa cangkang sawit yang melimpah di Sulawesi Tenggara. Proses gasifikasi untuk menciptakan syngas menggunakan sistem multi-stage downdraft gasifier dengan variasi air ratio terbaik dari penelitian sebelumnya, yaitu 1:7:2 pada zona pirolisis, oksidasi, dan reduksi digunakan untuk menghasilkan syngas. Pengujian dilakukan pada mesin diesel dengan putaran 3000 rpm dan variasi pembebanan mulai dari 500 Watt hingga 4500 Watt. Pembebanan dinaikkan secara bertahap dengan interval 500 Watt setiap kenaikannya. Aliran mass flow rate syngas juga divariasikan dengan mengatur 4 variasi bukaan katup syngas menuju intake manifold mesin diesel.
Penelitian ini akan membandingkan hasil pengoperasian mesin diesel menggunakan single fuel (biosolar B35) dengan menggunakan dual fuel (biosolar B35 + syngas) pada setiap interval pembebanan mesin untuk mengetahui unjuk kerja mesin, Subtitusi atau penghematan bahan bakar biosolar B35, penurunan karbon diesel sistem dual fuel serta menghitung techno -ekonomi untuk up-scale pada salah satu mesin dengan daya mampu 250 kW di PT Nusantara Power, Unit Pembangkit Kendari, PLTD Kolaka, Sulawesi Tenggara agar dapat mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta membuka peluang pengembangan teknologi dual fuel engine di Indonesia bebasis biomassa.

Kata kunci: Gasifikasi, PLTD Dual Fuel, Biomassa, Net Zero Emission, Cangkang Sawit, Dual Fuel Engine, Syngas, Penghematan Bahan Bakar, Emisi Karbon, Techno-Ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Gasifikasi, PLTD Dual Fuel, Biomassa, Net Zero Emission, Cangkang Sawit, Dual Fuel Engine, Syngas, Penghematan Bahan Bakar, Emisi Karbon, Techno-Ekonomi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: HASMAN HASAN SULI
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:28
Last Modified: 06 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114326

Actions (login required)

View Item View Item