Re-Desain Interior Lantai Dua Sekolah Dasar An Nur Berkonsep Multifungsi Dan Adaptif Untuk Keefektifan Pembelajaran Dan Pertumbuhan Holistik Siswa

Prastyawan, Dhinny Erlya Putri (2024) Re-Desain Interior Lantai Dua Sekolah Dasar An Nur Berkonsep Multifungsi Dan Adaptif Untuk Keefektifan Pembelajaran Dan Pertumbuhan Holistik Siswa. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5029201078-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5029201078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (41MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah hal penting yang dapat memberikan perkembangan individu untuk memiliki kecerdasan, akhlak, pengetahuan umum, kepribadian, dan keterampilan yang dibutuhkan suatu individu dalam kehidupannya. Bagaimana seseorang mendapatkan pendidikannya pada masa kecil dapat berpengaruh besar terhadap pandangan dan ideologinya di masa depan. Dengan berkembangnya zaman, juga bertambahnya jumlah anak-anak yang sedang menempuh pendidikan dasar. Indonesia memiliki tujuan besar untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan berkelanjutan serta menciptakan generasi yang cerdas dan mampu bersaing di skala internasional. Untuk mencapai visi itu, perlu adanya sebuah lingkungan belajar anak-anak yang ramah dan dapat beradaptasi dengan teknologi memberikan manfaat yang beragam agar nilai-nilai positif dapat ditanamkan dan nilai negatif dapat dihindarkan. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi, berkembang pula kebutuhan ruang bagi pengajar dan siswa. Penyelenggaraan kegiatan yang beragam disekolah membutuhkan ruang sekolah yang adaptif terhadap perubahan serta multifungsi mengikuti kebutuhan. Perancangan ulang pada sekolah An Nur dilakukan dari tahap awal mengidentifikasi masalah, mengumpulkan dan menganalisis data secara kualitatif untuk mendapatkan landasan yang kuat. Kemudian, dilakukan metode design thinking yang memiliki tahap emphatize, define, ideate, dan prototype untuk melakukan redesign pada sekolah An Nur yang berlokasi di Surabaya dengan metode design thinking yang dimulai dari tahap emph serta mengedepankan konsep Multifunction dan Adaptif, dimana siswa dapat belajar dengan senang serta menunjang perkembangan karakter siswa secara holistik.
==============================================================================================================================
Education is an important thing that can provide the development of individuals to have the intelligence, morals, general knowledge, personality, and skills that an individual needs in life. How a person receives his or her education in childhood can have a great influence on his or her views and ideologies in the future. With the development of the times, there is also an increase in the number of children who are pursuing basic education. Indonesia has a big goal to increase environmental and sustainability awareness and create a generation that is smart and able to compete on an international scale. To achieve that vision, it is necessary to have a learning environment for children that is friendly and adaptable with technology providing diverse benefits so that positive values can be instilled and negative values can be avoided. In addition, as technology develops, so does the need for space for teachers and students. The redesign of An Nur school was carried out from the initial stage of identifying problems, collecting and analysing data qualitatively to get a strong foundation. Then, the design thinking method is carried out which has emphatize, define, ideate, and prototype stages to redesign An Nur school located in Surabaya with a design thinking method that starts from the emphasise stage and puts forward the concept of Multifunction and Adaptive, where students can learn happily and support the development of student character holistically.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: SD kreatif an nur, multifunction, adaptive, developing character, holistic, multifungsi, adaptif, mengembangkan karakter, holistik
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2589 Furniture design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dhinny Erlya Putri Prastyawan
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:41
Last Modified: 27 Aug 2024 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114479

Actions (login required)

View Item View Item