Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Fault Tree Analysis Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket 3 Sta. 36+300 – Sta. 43+000

Herwicaksono, Luthfi (2024) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Fault Tree Analysis Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket 3 Sta. 36+300 – Sta. 43+000. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111740000110-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111740000110-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Risiko adalah kemungkinan atau ketidakpastian terjadinya suatu kejadian yang tidak diharapkan dalam pelaksanaan pekerjaan yang dapat merugikan pelaku. Selama pelaksanaan kegiatan, salah satu risiko yang mungkin timbul adalah risiko kecelakaan kerja, yang dapat terjadi di semua bidang pekerjaan, termasuk sektor konstruksi. Kecelakaan kerja di sektor konstruksi pada dasarnya merupakan hasil pengurangan risiko yang ditargetkan dalam manajemen risiko kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja dapat disebabkan oleh beberapa faktor utama yaitu kondisi lingkungan, peralatan kerja dan pekerja itu sendiri. Oleh karena itu, untuk mengurangi angka kecelakaan kerja maka perlu dilakukan pengelolaan risiko kecelakaan kerja di lokasi konstruksi demi keselamatan pekerja dan keberhasilan suatu proyek.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di tempat kerja adalah dengan mengidentifikasi penyebab risiko yang kemudian dapat digunakan untuk menyusun rencana untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul. Pada tugas akhir ini, akan dibahas analisis risiko kecelakaan kerja dengan menggunakan fault tree analysis dalam konstruksi . Proyek Pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Paket 3 Sta. 36+300 – Sta. 43+000.
Hasil analisis Tugas Akhir ini diketahui bahwa terdapat 47 variabel risiko pada proyek tersebut dan terdapat 2 risiko yang masuk ke dalam kategori extreme. Variabel risiko tertinggi yaitu pekerja terkena material yang berterbangan saat pekerjaan peledakan, dan pekerja tertabrak dump truck pada pekerjaan timbunan Penyebab dasar kecelakaan kerja adalah diantanya Kurang waktu istirahat, lembur, masalah personal, banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, tidak konsentrasi, banyak bercanda saat perkerja, kurangnya penyuluhan K3, personil pengawas kurang, dan kurang waktu pengawasan.===============================================================================================================
Risk is the possibility or uncertainty of an unexpected event occurring during work execution that can harm the perpetrators. During project implementation, one potential risk is workplace accidents, which can happen in all fields of work, including the construction sector. Workplace accidents in the construction sector essentially result from targeted risk reduction in accident management. These accidents can be caused by several main factors: environmental conditions, work equipment, and the workers themselves. Therefore, to reduce workplace accidents, it is necessary to manage accident risks at construction sites for the safety of workers and the success of a project.
One effort that can be made to reduce workplace accident risks is to identify the causes of risks, which can then be used to formulate plans to mitigate potential risks. This thesis discusses the analysis of workplace accident risks using fault tree analysis in construction. Specifically, it focuses on the Probolinggo - Banyuwangi Toll Road Construction Project Package 3 STA. 36+300 – STA. 43+000.
From the analysis of this thesis, it is found that there are 47 risk variables in the project, with 2 risks categorized as extreme. The highest risk variables include workers being hit by flying materials during blasting operations and workers being struck by dump trucks during embankment work. The root causes of workplace accidents include insufficient rest time, overtime work, personal issues, unfinished tasks, lack of concentration, excessive joking during work, inadequate occupational safety training, insufficient supervision personnel, and inadequate supervision time.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kecelakaan kerja, Konstruksi Jalan Tol, Fault Tree Analysis. Keywords: Workplace Accidents, Toll Road Construction, Fault Tree Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Luthfi Herwicaksono
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:04
Last Modified: 08 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114611

Actions (login required)

View Item View Item