Pemilihan Model Inhomogeneous Poisson Point Process on Linear Network Terbaik dalam Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Nganjuk

Nabila, Isna Nurazizah (2024) Pemilihan Model Inhomogeneous Poisson Point Process on Linear Network Terbaik dalam Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Nganjuk. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5003201006-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5003201006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Letak geografis Kabupaten Nganjuk yaitu di bagian barat Provinsi Jawa Timur menjadikannya sebagai wilayah yang sering dilalui kendaraan dari Jawa Tengah ke wilayah lain di Jawa Timur dan sebaliknya yang mengakibatkan kepadatan lalu lintas di kabupaten ini menjadi cukup tinggi sehingga berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas. Tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Nganjuk menyebabkan berkurangnya tenaga kerja produktif karena kematian dan cacat. Jika hal ini tidak ditangani dengan baik, kecenderungan peningkatan kecelakaan dari tahun ke tahun dapat menjadi penghambat laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal berupa geometrika jalan dan lingkungan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap risiko kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Nganjuk. Model yang digunakan ialah inhomogeneous Poisson point process karena antar kejadian kecelakaan diasumsikan saling independen. Estimasi parameter dilakukan dengan menerapkan skema Berman-Turner pada fungsi log-likelihood yang selanjutnya dimaksimumkan menggunakan metode Iteratively Reweighted Least Square (IRLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa jarak lampu lalu lintas terdekat, jumlah lajur, keberadaan marka, dan jenis jalan signifikan berpengaruh terhadap model, di mana model dengan kovariat tersebut merupakan model terbaik hasil eliminasi backward dengan nilai BIC terkecil. Peta hasil prediksi berdasarkan model terbaik, menunjukkan bahwa risiko kecelakaan lalu lintas paling tinggi mayoritas terjadi di jalan arteri, dan yang paling rendah sebagian besar terjadi di jalan lokal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Eliminasi Backward, Faktor Geometrika Jalan, Inhomogeneous Poisson Point Process on Linear Network, Kecelakaan Lalu Lintas, Pertumbuhan ekonomi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabila Isna Nurazizah
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:27
Last Modified: 14 Aug 2024 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114710

Actions (login required)

View Item View Item