Analisis Faktor Makroekonomi dan Sosial Terhadap Indeks Kualitas Udara di Pulau Jawa dengan Metode Geographically Weighted Regression Dan Mixed Geographically Weighted Regression

Safrida, Yunita Noor (2024) Analisis Faktor Makroekonomi dan Sosial Terhadap Indeks Kualitas Udara di Pulau Jawa dengan Metode Geographically Weighted Regression Dan Mixed Geographically Weighted Regression. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5003201058-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5003201058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Dalam pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat beberapa waktu belakangan memiliki dua sisi berbeda. Pada satu sisi, pertumbuhan ekonomi yang berjalan cepat menghasilkan pendapatan nasional yang berlimpah. Namun, disisi lain kegiatan ekonomi akan menyisakan efek negatif bagi lingkungan yang disebabkan adanya residu-residu dalam proses ekonomi yang berdampak pada lingkungan khususnya pencemaran udara. Pada penelitian ini, pemodelan kualitas udara dilakukan untuk mengetahui faktor dari segi makroekonomi dan sosial yang berpengaruh secara signifikan yang diharapkan dapat digunakan sebagai dasar perumusan kebijakan untuk mengatasi pencemaran udara di Pulau Jawa. Metode Geographically Weighted Regression merupakan metode yang memodelkan variabel respon dan variabel prediktor berdasarkan wilayakh atau pengaruh lokal, sedangkan Mixed Geographically Weighted Regression (MGWR) merupakan metode yang mampu memodelkan kombinasi pengaruh lokal dan global dalam sebuah model. Pada penelitian ini, variabel yang diduga berpengaruh terhadap kualitas udara diantaranya PDRB dan nilai investasi sebagai variabel makroekonomi serta kepadatan penduduk, jumlah kendaraan bermotor pribadi, dan jumlah kendaraan umum sebagai variabel sosial. Pemodelan Indeks Kualitas Udara di Pulau Jawa didapatkan model terbaik menggunakan Geographically Weighted Regression dengan koefisien determinasi 70,02% dan AIC 475,265. Hasil kenaikan estimasi model regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel PDRB per kapita, Jumlah Industri, dan kepadatan penduduk memiliki pengaruh terhadap Indeks Kualitas Udara. Sedangkan menggunakan model Mixed Geographically Weighted Regression didapatkan variabel global yang signifikan yaitu PDRB per kapita dan variabel lokal jumlah kendraan bermotor pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Spatial, MGWR, GWR, Air Quality Index, Macroeconomics Spasial, MGWR, GWR, Indeks Kualitas Udara, Makroekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC441 Macroeconomics.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yunita Noor Safrida
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:18
Last Modified: 09 Aug 2024 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115206

Actions (login required)

View Item View Item