Studi Penilaian Risiko Lingkungan untuk Decommissioning Fasilitas Migas Lepas Pantai di Kawasan Selat Makassar

Febrianto, Arry (2024) Studi Penilaian Risiko Lingkungan untuk Decommissioning Fasilitas Migas Lepas Pantai di Kawasan Selat Makassar. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 8044222158-Master_Thesis.pdf] Text
8044222158-Master_Thesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setelah beroperasi lebih dari 20 tahun, fasilitas migas lepas pantai di kawasan Selat Makassar telah melewati masa produktifnya. Pada kondisi seperti itu, operasi lapangan harus dihentikan dan fasilitas produksi harus ditutup. Kegiatan penonaktifan/decommisioning merupakan kegiatan tahap akhir dari eksplorasi sumur migas yang sudah tidak produktif atau tidak layak operasi. Sebelum melakukan kegiatan decommissioning, Penilaian risiko lingkungan perlu dilakukan untuk meninjau risiko lingkungan yang mungkin timbul dari tindakan decommissioning tersebut.
Penilaian risiko lingkungan dilakukan untuk mengukur dan mengetahui potensi bahaya bagi lingkungan akibat kegiatan decommissioning khususnya terhadap air laut. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis HAZID (Hazard Identification) kemudian dilakukan studi literatur terkait kajian degradasi material dan laju korosi dari pipa serta penentuan kualitas mutu air dengan metode indeks pencemaran. Hasil analisis kemudian dibuat dalam matriks risiko dengan mempertimbangkan nilai kekerapan dan keparahan dari potensi risiko lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa kegiatan decommissioning tidak berpotensi merubah kualitas air laut eksisting yang berada dalam kategori baik atau memenuhi baku mutu sehingga hasil analisis risiko lingkungan dari kegiatan decommissioning fasilitas migas lepas pantai di kawasan Selat Makassar termasuk ke dalam kategori risiko rendah.

Kata Kunci : Analisis Risiko, Lingkungan, Decommisioning, Indeks Pencemaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Risiko, Lingkungan, Decommisioning, Indeks Pencemaran
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 23902-Engineer Professional Program
Depositing User: Arry Febrianto
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:39
Last Modified: 09 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115276

Actions (login required)

View Item View Item