Pemodelan Personalisasi Jalur Pembelajaran Berdasarkan Profil Pelajar Dan Tingkat Kesulitan Materi Menggunakan Algoritma Heuristik

Imamah, Imamah (2024) Pemodelan Personalisasi Jalur Pembelajaran Berdasarkan Profil Pelajar Dan Tingkat Kesulitan Materi Menggunakan Algoritma Heuristik. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 7022201022-Dissertation.pdf] Text
7022201022-Dissertation.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Personalisasi jalur pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan performa pelajar dengan menawarkan urutan materi yang sesuai dengan karakteristik individu, serta mengatasi pendekatan ”one size fits all” pada e-learning.
Kendala utama dari pendekatan ini adalah efisiensi waktu dan tantangannya dalam membentuk jalur pembelajaran yang berbeda untuk setiap pelajar serta memastikan urutan materi sesuai dengan kemampuan pelajar. Untuk mengatasi masalah ini, diusulkan pemodelan dan evaluasi jalur pembelajaran menggunakan algoritma heuristik, berdasarkan profil pelajar (modul awal, tujuan, estimasi kemampuan, dan tingkat kemampuan) serta tingkat kesulitan materi yang diperoleh melalui klasifikasi teks dan clustering. Tiga pendekatan yang digunakan yaitu Ant Colony (ACOPLP), Ant Colony-Item
Response Theory (ACOIRTPLP), dan Rule-Based (RBPLP). Keterbaruan pendekatan ini adalah integrasi empat parameter tanpa bergantung pada histori pembelajaran, serta memastikan hasil prediksi kemampuan akurat dan bukan hasil tebak jawaban. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
performa pembelajaran pelajar. ACOPLP meningkatkan performa pelajar sebesar 71%, dibandingkan dengan e-learning biasa yang hanya 54%. ACOIRT menghasilkan peningkatan performa 60,8%-127,8%, dan RBPLP 29% dengan kenaikan nilai 15,06 poin. Analisis statistik menunjukkan p-value di bawah
0,005, menandakan peningkatan signifikan dalam capaian pelajar. Berdasarkan pengujian, disimpulkan bahwa metode yang diusulkan bahwa pendekatan ini memiliki potensi untuk diterapkan di semua level pendidikan. Selain itu, metode ini juga dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan adaptasi
pembelajaran yang lebih luas, seperti pembelajaran berbasis kompetensi atau pelatihan profesional, yang membutuhkan dinamisasi jalur pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Personalisasi, Jalur Pembelajaran, Profil Pelajar, Tingkat Kesulitan Materi, Ant Colony, IRT, Rule-Based.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1044.87 Internet in education (e-learning). Virtual reality in education.
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Imamah Imamah
Date Deposited: 09 Jan 2025 09:01
Last Modified: 09 Jan 2025 09:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/116222

Actions (login required)

View Item View Item