Pradana, Vishwa Patra (2011) Pengembangan Intelligent Tutoring System Berbasis Sistem Pakar. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2207100136-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version Download (10MB) |
Abstract
Media pembelajaran saat ini sudah sangat berkembang dibandingkan zaman dahulu. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, belajar sekarang terasa mudah. Teknologi informasi sudah terbukti keandalannya dalam menyediakan titur pembelajaran online atau biasa disebut e-learning. Setiap orang bisa berbagi ilmu dengan yang lain tanpa terhalang waktu, tempat, dan biaya. Dalam beberapa pembelajaran tertentu, peran seorang guru atau tutor sangatlah diperlukan. E-learning yang ada belum bisa memaksimalkan peran guru tersebut. Website hanya menjadi media pengiriman data saja. Seiring dengan berkembangnya teknologi, keberadaan guru dapat direpresentasikan dalam sebuah teknologi berupa aplikasi interaktif yang dapat digunakan sebagai media penyampai inforrnasi maupun sebagai
media evaluasi dalam proses pembelajaran. Teknologi yang lebih dikenal dengan nama Intelligent Tutoring System atau Sistem Tutor Cerdas (STC) ini mampu menjalankan peran sebagai guru atau tutor yang mendampingi siswa dalam suatu forum belajar. Guru atau tutor dalam STC ini dibangun menggunakan Sistem Pakar yang berfungsi merepresentasikan pengetahuan seorang guru atau tutor yang ahli dalam mata pelajaran tertentu. Siswa yang belajar menggunakan STC ini bisa langsung bertanya kepada fttur tutor sehingga dia merasa didampingi oleh guru atau tutornya tanpa terhalang ruang dan waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSE 006.33 Pra p 2011 |
Uncontrolled Keywords: | e-learning, STC, sistem pakar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.76.E95 Expert systems |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:21 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:21 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/116257 |
Actions (login required)
View Item |