Nurhidayat, Asep Yayat (2025) Model Permintaan Perjalanan Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya Menggunakan Regresi Logistik Bayesian. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
7012211016-Dissertation.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menentukan moda angkutan yang akan digunakan oleh penumpang pesawat terbang terdapat faktor yang mempengaruhi, seperti tarif, waktu tempuh, frekuensi perjalanan, waktu akses dan waktu menuju ke tujuan, headway, kenyamanan dan lainnya. Hal ini penting untuk diteliti karena faktor tersebut mencerminkan kebutuhan pengguna jasa. Regresi dengan metode ordinary least square dan maximum likelihood yang digunakan kurang sesuai jika terdapat pelanggaran terhadap asumsi Gauss-Markov. Selain itu untuk ukuran sampel yang kecil, metode maximum likelihood menghasilkan pendugaan parameter yang bersifat bias dan standard error yang dihasilkan tidak tepat dan mengarah pada selang kepercayaan maupun statistik uji yang salah. Oleh karena itu diperlukan pendugaan parameter model pemilihan moda dalam penyusunan alternatif model tidak bersifat bias dan juga jumlah sampel yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi perilaku perjalanan dan model pemilihan moda melalui tinjauan literatur yang sistematis dan metode pendekatan analisis data preferensi penumpang. Penelitian ini menyajikan beberapa hal penting antara lain melakukan pengembangan model yang dihasilkan dari penggunaan metode analisis yang digunakan dalam persamaan model pemilihan moda melalui pendekatan bayesian, mengidentifikasi variabel perjalanan yang sudah diteliti dan melakukan analisis kombinasi 10 (sepuluh) variabel prediktor yang dianggap mencerminkan kebutuhan dari pengguna jasa dan menganalisis model permintaan perjalanan penumpang kereta api cepat Jakarta-Surabaya. Survei preferensi penumpang pesawat terbang didapatkan melalui metode stated preference dengan melibatkan total 639 responden penumpang pesawat Jakarta-Surabaya. Analisis dilakukan untuk membangun model matematis pemilihan moda penumpang pesawat terbang rute Jakarta-Surabaya.
Hasil analisis menggunakan distribusi prior dan jumlah sampel 30 responden diperoleh 8 (delapan) variabel prediktor yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan moda kereta api cepat antara lain tiket, waktu tempuh, frekuensi perjalanan, waktu dari bandara kedatangan menuju tujuan akhir, waktu menunggu di bandara keberangkatan, moda yang digunakan menuju bandara keberangkatan, jarak dari asal perjalanan menuju stasiun kereta api cepat, dan jarak dari stasiun kedatangan kereta api cepat menuju tujuan akhir. Hasil analisis dengan distribusi prior menunjukan bahwa dengan jumlah sampel 30 responden dapat menghasilkan model pemilihan moda, sehingga ini menjadi temuan yang sangat penting dalam penelitian ini. Model yang dihasilkan adalah:
g(x)=0,521+0,585 x12 +0,664 x2 -0,512 x3 -1,416 x2 -0,541 x6 -0,510 x7 -0,571 x9 -0,688 x10
Sedangkan model awal dengan jumlah sampel 639 responden yang dihasilkan adalah:
g(x)=0,791+0,467 x11 +0,307 x12 +0,527 x2 -0,355 x3 -0,588 x6 -0,383 x7 -0,509 x9 -0,562 x10
Permintaan perjalanan penumpang kereta api cepat berdasarkan skenario permintaan perjalanan kereta api cepat untuk harga tiket pesawat lebih dari Rp 1.000.000, waktu tempuh lebih dari dari 210 menit, frekuensi perjalanan 1 kali, waktu tempuh dari bandara kedatangan ke tujuan akhir kurang dari sama dengan 60 menit, waktu menunggu di bandara keberangkatan kurang dari sama dengan 60 menit, moda yang digunakan menuju bandara keberangkatan adalah kendaraan pribadi, jarak dari asal perjalanan menuju stasiun kereta api cepat kurang dari sama dengan 10 km dan jarak dari stasiun kedatangan kereta api cepat menuju tujuan akhir kurang dari sama dengan 10 km probabilitas pemintaan penggunaan pesawat terbang akan beralih menggunakan kereta api cepat sebesar 34,7% dan sisanya sebesar 65,3% masih tetap menggunakan pesawat terbang. Sedangkan dengan menggunakan model awal dan jumlah sampel 639 responden untuk skenario yang sama menghasilkan peluang pemintaan penggunaan pesawat terbang akan beralih menggunakan kereta api cepat sebesar 0,70 (70,0%) dan sisanya sebesar 0,30 (30,0%) masih tetap menggunakan pesawat terbang.
==================================================================================================================
In determining the mode of transportation to be used by aircraft passengers, there are influencing factor, such as fares, travel time, travel frequency, access time and time to destination, headway, comfort and others. This is important to study because these factors reflect the needs of service users. Regression with ordinary least square and maximum likelihood methods used are less appropriate if there is a violation of the Gauss-Markov assumption. In addition, for small sample sizes, the maximum likelihood method produces biased parameter estimates and the resulting standard errors are not precise and lead to incorrect confidence intervals and test statistics. Therefore, it is necessary to estimate the parameters of the mode selection model in the preparation of alternative models that are not biased and also the number of samples required is not too large.
This study aims to determine factors that influence travel behavior and develop mode selection models through a systematic literature review and passenger preference data analysis approach methods. This research presents several important things, among others, developing a model resulting from the use of analytical methods used in the mode selection model equation through a bayesian approach, identifying travel variables that have been studied and analyzing a combination of 10 (ten) predictor variables that are considered to reflect the needs of service users and analyzing the Jakarta-Surabaya high-speed rail passenger travel demand model. The airplane passenger preference was obtained through the stated preference survey involving a total of 639 respondents of Jakarta-Surabaya airplane passengers. The analysis was conducted to build a mathematical model of the mode selection of Jakarta-Surabaya airplane passengers.
The results of the analysis using prior distribution and a sample size of 30 respondents obtained 8 predictor variables that have a significant effect on the selection of high-speed rail modes, including tickets, travel time, travel frequency, time from arrival airport to final destination, waiting time at departure airport, mode used to departure airport, distance from the origin of the trip to the high-speed rail station, and distance from the high-speed rail arrival station to the final destination. The results of the analysis with the prior distribution show that with a sample size of 30 respondents can produce a mode selection model, so this is a very important finding in this study. The resulting model is:
g(x)=0,521+0,585 x12 +0,664 x2 -0,512 x3 -1,416 x2 -0,541 x6 -0,510 x7 -0,571 x9 -0,688 x10
While the initial model with the resulting sample size of 639 respondents are:
g(x)=0,791+0,467 x11 +0,307 x12 +0,527 x2 -0,355 x3 -0,588 x6 -0,383 x7 -0,509 x9 -0,562 x10
Demand for high-speed rail passenger trips based on high-speed rail travel demand scenarios for airplane ticket prices of more than Rp 1,000. 000, travel time is more than 210 minutes, travel frequency is 1 time, travel time from the arrival airport to the final destination is less than equal to 60 minutes, waiting time at the departure airport is less than equal to 60 minutes, the mode used to the departure airport is a private vehicle, the distance from the origin of the trip to the high-speed rail station is less than or equal to 10 km, and the distance from the high-speed rail arrival station to the final destination is less than or equal to 10 km the probability of requesting the use of airplanes will switch to using high-speed rail by 34.7% and the remaining 65.3% still use airplanes. Meanwhile, using the initial model and a sample size of 639 respondents for the same scenario results in a chance that the demand for airplane use will switch to using fast trains of 0.70 (70.0%) and the remaining 0.30 (30.0%) still use airplanes.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | High-speed rail, variable, bayesian, prior, demand, kereta api cepat, variabel, bayesian, prior, permintaan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation Q Science > QA Mathematics > QA279.5 Bayesian statistical decision theory. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22001-(S3) PhD Thesis |
Depositing User: | Asep Yayat Nurhidayat |
Date Deposited: | 27 Jan 2025 02:26 |
Last Modified: | 27 Jan 2025 02:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/116931 |
Actions (login required)
View Item |