Analisis Dan Evaluasi Aspek Usability Dan User Acceptance Pada Mobile Learning Continuing Medical Education (CME) Menggunakan Metode SUSTAMECT : Studi Kasus Medstalk Di Aplikasi D2D

Putra, Topan Sawita (2025) Analisis Dan Evaluasi Aspek Usability Dan User Acceptance Pada Mobile Learning Continuing Medical Education (CME) Menggunakan Metode SUSTAMECT : Studi Kasus Medstalk Di Aplikasi D2D. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6047231003-Master_Thesis.pdf] Text
6047231003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Doctor to Doctor (D2D) adalah platform mobile dan web yang dirancang khusus untuk dokter dan mahasiswa kedokteran, dengan tujuan mendukung pembelajaran berkelanjutan (Mobile Learning Continuing Medical Education atau CME). Salah satu fitur utama yang menjadi fokus penelitian ini adalah Medstalk, forum diskusi antar dokter untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kasus medis. Namun, penggunaan fitur ini masih belum mencapai ekspektasi dalam hal user traffic dan engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kegunaan (usability) dan penerimaan pengguna (user acceptance) terhadap fitur Medstalk di aplikasi D2D. Pendekatan yang digunakan adalah kombinasi metode System Usability Scale (SUS), Technology Acceptance Model (TAM 2) dan Expectation Confirmation Theory (ECT) yang dimodifikasi. Data dikumpulkan melalui survei daring dengan 241 responden menggunakan teknik purposive sampling dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti Job Relevance (relevansi diskusi dan konten terhadap pekerjaan), Result Demonstrability (keinginan pengguna untuk menunjukkan kepada pengguna lain), Content Quality (kualitas konten yang bermanfaat untuk pekerjaan) , dan Content Categorization (kategorisasi konten yang membuat waktu pengguna lebih efisien dalam mencari diskusi) memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kegunaan dan penerimaan fitur Medstalk. Selain itu, secara user experience dan user interface perlu diperbaiki untuk membuat penggunaan dari fitur Medstalk menjadi lebih baik. Rekomendasi perbaikan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas fitur Medstalk, mendorong retensi pengguna, serta memberikan nilai tambah pada platform D2D secara keseluruhan.
==================================================================================================================================
Doctor to Doctor (D2D) is a mobile and web-based platform designed specifically for doctors and medical students, aiming to support continuous learning programs (Mobile Learning Continuing Medical Education or CME). One of its primary features, Medstalk, serves as a discussion forum for doctors to share knowledge and experiences regarding medical cases. However, the feature's user traffic and engagement have yet to meet expectations. This study aims to analyze the factors influencing usability and user acceptance of the Medstalk feature in the D2D application. The research employs a modified combination of the System Usability Scale (SUS), Technology Acceptance Model (TAM 2), and Expectation Confirmation Theory (ECT). Data were collected through an online survey of 241 respondents using purposive sampling and analyzed using the Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method. The findings reveal that factors such as Job Relevance (the relevance of discussions and content to work), Result Demonstrability (users' desire to share outcomes with others), Content Quality (the usefulness of content for professional tasks), and Content Categorization (efficient categorization for easier content search) significantly impact the usability and acceptance of Medstalk. Additionally, improvements in user experience and user interface are needed to enhance the usability of the Medstalk feature. Recommendations from this research are expected to improve Medstalk's effectiveness, increase user retention, and add value to the overall D2D platform.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: D2D, mobile learning, CME, SUS, TAM 2, ECT
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation
Depositing User: Topan Sawita Putra
Date Deposited: 28 Jan 2025 16:35
Last Modified: 28 Jan 2025 16:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117013

Actions (login required)

View Item View Item