Hermawan, Hengki Dwiyan (2024) Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Berbasis Web Untuk Mendukung Proses Perencanaan Startup Mahasiswa Dengan Pendekatan Design Thinking Di Politeknik Hasnur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6047222027-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Di era digital, startup telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan inovasi. Namun, mahasiswa sering menghadapi tantangan dalam membangun dan mengelola startup akibat kurangnya alat kolaborasi, bimbingan, dan pengalaman praktis. Penelitian ini berfokus pada perancangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk platform berbasis web yang bertujuan mendukung mahasiswa dalam merencanakan dan mengembangkan ide startup mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Thinking, yang meliputi lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Penelitian diawali dengan survei dan observasi melalui workshop yang melibatkan 52 partisipan, memberikan wawasan terkait perilaku, kebutuhan, dan ekspektasi mahasiswa dalam kegiatan yang berkaitan dengan startup. Selain itu, wawancara mendalam dengan 5 mahasiswa terpilih dilakukan untuk menggali pengalaman dan tantangan mereka secara lebih mendalam. Temuan ini kemudian dirangkum dalam bentuk peta empati dan persona pengguna, yang menjadi dasar untuk mendefinisikan user stories dan kebutuhan fungsional. Platform yang dirancang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan utama pengguna, seperti pencocokan tim, akses ke sumber belajar, alat manajemen proyek, dan fasilitas mentoring. Evaluasi heuristik dan pengujian pengguna digunakan untuk menyempurnakan prototipe dan memastikan kegunaan serta efektivitasnya. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya menciptakan platform yang intuitif, efisien, dan berorientasi pada tujuan, guna mendukung kolaborasi dan pengembangan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi pada diskusi akademik dan praktis terkait pemanfaatan teknologi dalam mendukung mahasiswa membangun startup. Platform yang diusulkan tidak hanya memfasilitasi pelaksanaan proyek, tetapi juga menjembatani kesenjangan antara pengetahuan akademis dan aplikasi dunia nyata, sehingga memungkinkan mahasiswa menghadapi kompleksitas ekosistem startup secara efektif.
==================================================================================================================================
In the digital era, startups have become a major driver of economic growth and innovation. However, students often face challenges in building and managing startups due to a lack of collaboration tools, mentorship, and practical experience. This research focuses on designing the user interface (UI) and user experience (UX) for a web-based platform aimed at supporting students in planning and developing their startup ideas. The study adopts the Design Thinking methodology, which encompasses five stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The research began with surveys and observations conducted through workshops involving 52 participants, providing insights into students' behaviors, needs, and expectations related to startup activities. Additionally, in-depth interviews were conducted with five selected students to explore their experiences and challenges in greater detail. The findings were synthesized into empathy maps and user personas, forming the basis for defining user stories and functional requirements. The platform was designed to address key user needs, such as team matching, access to learning resources, project management tools, and mentoring facilities. Heuristic evaluations and user testing were employed to refine the prototype and ensure its usability and effectiveness. The results of this study highlight the importance of creating a platform that is intuitive, efficient, and goal-oriented to support collaboration and skill development among students. This research contributes to academic and practical discussions regarding the use of technology to support students in building startups. The proposed platform not only facilitates project execution but also bridges the gap between academic knowledge and real-world applications, enabling students to effectively navigate the complexities of the startup ecosystem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | startup, design thinking, desain UI/UX, kolaborasi, kewirausahaan mahasiswa, platform berbasis web, UI/UX design, collaboration, student entrepreneurship, web-based platform |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T59.7 Human-machine systems. |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation |
Depositing User: | Hengki Dwiyan Hermawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 01:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 01:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/117064 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |