Ramadhani, Zara Safira (2025) Pemodelan Pendistribusian Produk Perishable Untuk Pengecer Menggunakan Tuk-Tuk Berpendingin Pasif Dan Smart Boxes. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6010222005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan model Quality Driven Vehicle Routing Problem (QDVRP) untuk pengiriman produk perishable menggunakan kendaraan tuk-tuk elektrik yang dilengkapi dengan kontainer berpendingin pasif berbasis Phase Change Material. Model Refrigerated Container Loading Problem (R�CLP) akn digunakan sebagai acuan penataan awal kargo ke dalam container. Model QDVRP menentukan rute pengiriman dengan mempertimbangkan tingkat kualitas produk. Model R-CLP mengoptimalkan pengaturan kargo dalam kontainer berpendingin dengan memaksimalkan ruang yang tersedia, meminimalkan jumlah kargo yang digunakan, dan memastikan kualitas produk melalui pemantauan suhu. Penelitian ini didorong oleh potensi penggunaan kendaraan tuk-tuk elektrik yang dilengkapi kontainer berpendingin pasif untuk pengiriman tahap akhir dalam kota. Serta mendorong keberlanjutan dan efisiensi dalam manajemen rantai pasok dingin untuk produk perishable. Penelitian ini menyoroti keunggulan dari smart boxes, yang dilengkapi dengan teknologi IoT untuk menyediakan data suhu, optimisasi rute, dan informasi produk secara real-time untuk mendukung pengambilan keputusan secara langsung. Selain itu, penelitian ini memodifikasi algoritma heuristik Nearest neighbor untuk QDVRP dan algoritma wall-building untuk R-CLP multi-drop. Pengelolaan kargo memanfaatkan data suhu real-time selama perjalanan pengiriman guna meningkatkan kinerja. Eksperimen numerik direncanakan untuk memvalidasi model dan mengevaluasi efektivitasnya dalam mengurangi kerusakan produk. Eksperimen dilakukan dengan dua skenario. Skenario yang pertama yaitu penempatan 1 sumber dingin TES. Skenario yang kedua yaitu penempatan sumber dingin TES dan ice pack untuk masing-masing kargo. Hasil analisis menunjukkan pengelolaan sumber dingin dari dua sumber dingin TES dan ice pack menghasilkan hasil yang lebih baik. Hal ini menunjukkan semakin dekat produk pada sumber dingin yang sesuai suhu optimum produk akan menjaga kestabilan suhu yang diterima produk, sehingga dapat menurunkan quality loss cost dan mempertahankan quality level yang lebih baik
=====================================================================================================================================
This study develops a Quality Driven Vehicle Routing Problem (QDVRP) model for perishable product delivery using electric tuk-tuk vehicles equipped with passive refrigerated containers based on Phase Change Material. The Refrigerated Container Loading Problem (RCLP) model will be used as a reference for the initial arrangement of cargo into containers. The QDVRP model determines the delivery route by considering the quality level of the product. The R-CLP model optimizes the arrangement of cargo in refrigerated containers by maximizing available space, minimizing the amount of cargo used, and ensuring product quality through temperature monitoring. This study is driven by the potential use of electric tuk-tuk vehicles equipped with passive refrigerated containers for final stage delivery in the city. As well as encouraging sustainability and efficiency in cold supply chain management for perishable products. This study highlights the advantages of smart boxes, which are equipped with IoT technology to provide temperature data, route optimization, and real-time product information to support direct decision making. In addition, this study modifies the Nearest neighbor heuristic algorithm for QDVRP and the wall-building algorithm for R-CLP multi-drop. Cargo management utilizes real-time temperature data during the shipping journey to improve performance. Numerical experiments are planned to validate the model and evaluate its effectiveness in reducing product damage. Experiments are conducted with two scenarios. The first scenario is the placement of 1 TES cold source. The second scenario is the placement of TES cold sources and ice packs for each cargo. The analysis results show that the management of cold sources from two TES cold sources and ice packs produces better results. This shows that the closer the product is to the appropriate cold source, the product's optimum temperature will maintain the stability of the temperature received by the product, thereby reducing quality loss costs and maintaining a better quality level
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | QDVRP, R-CLP, Produk perishable, Smart boxes, Passive cold chain, QDVRP, R-CLP, Perishable product, Smart boxes, Passive cold chain, multi-drop |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Zara Safira Ramadhani |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/117147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |