Siregar, Deo (2025) Kajian Teknis, Lingkungan dan Finansial Infrastruktur Lingkungan (Studi Kasus : Rest Area 306 B Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6014222022-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Rest area 306 B Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung merupakan rest area dengan tingkat pengunjung yang cukup tinggi serta menjadi tempat transit kendaraan logistik dalam mendistribusikan barang dari arah Palembang menuju Lampung. Dengan hal tersebut, perlu dilakukan kajian teknis dan lingkungan serta finansial di rest area 306 serta mendapatkan gambaran khususnya estimasi kebutuhan air bersih dan kualitas baku mutu lingkungan dalam memastikan kenyamanan pengunjung rest area. Studi ini memiliki tujuan dalam evaluasi kebutuhan air bersih pengunjung rest area dengan berbagai skema kepadatan pengunjung rest area serta memastikan baku mutu secara lingkungan terpenuhi berdasarkan regulasi yang berlaku. Metode yang dipakai dalam studi ini dengan cara mengolah data kepadatan pengunjung untuk mendapatkan proyeksi air bersih pada kondisi puncak dan memenuhi baku mutu secara lingkungan dan layak secara finansial Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil counting manual kendaraan yang memasuki rest area. Didapatkan kapasitas produksi air bersih dari instalasi pengolahan air (IPA) masih memenuhi kebutuhan air bersih pada kondisi puncak yaitu 8,391 m3 . Tidak hanya itu, kebutuhan minimum plambing serta kesesuaian spesifikasi plambing rest area telah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, kepastian kualitas telah terjamin. Secara lingkungan, untuk baku mutu lingkungan air bersih, udara ambien masih dibawah batas baku mutu yang dipersyaratkan. Namun, untuk udara emisi dengan parameter karbon monoksida melebih baku mutu dikarenakan perawatan rutin genset berupa filter oli, filter udara tidak dilakukan. Dalam laporan analisa dampak lingkungan, pada ruang lingkup pembangunan dan operasi jalan tol. Untuk dampak pembangunan dan operasi rest area tidak termasuk sehingga dapat disimpulkan dampak rest area terhadap lingkungan tidak signifikan. Evaluasi secara finansial untuk operasi dan pemeliharaan rest area didapatkan dengan metode net present value yaitu -Rp. 435.627.333,-, benefit cost ratio dibawa rasio 0.61, serta internal rate of return 11.00%. Dengan berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa operasi dan pemeliharaan rest area tidak layak secara finansial.
==================================================================================================================================
Rest Area 306 B on the Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung Toll Road is a rest area with a high level of visitors and serves as a transit point for logistics vehicles distributing goods from Palembang to Lampung. Therefore, a technical, enviromental, and financial study needs to be conducted at rest area 306 to obtain an estimate of the clean water needs and enviromental quality standards to ensure the comfort of rest area visitors. This study aims to evaluate the clean water needs of rest area visitors with various density schemes and ensure that enviromental quality standards are met based on applicable regulations. The method used in this study involves processing visitor density data to obtain clean water projection at peak conditions and meet enviromental quality standards and financial feasibilty. The research result show that from the manual counting of vehicles entering the rest area, the clean water production capacity from the water treatment plant (WTP) still meets the clean water needs at peak conditions, which is 8,391 m3 . Additionally, the minimum plumbing specification comply with applicable regulations, ensuring quality assurance. Enviromentally, the clean water quality standards due to the lack of routine maitenance of the generator, such as oil filter and air filter replacement. In the enviromental impact analysis report, within the scope of toll road construction and operation, the impact of rest area construction and operation is not included, so it can be concluded that the rest are’s impact on the enviroment is not significant. Financial evaluation for the operation and maitenance of the rest area using the net present value method resulted in -Rp. 435.627.333, a benefit cost ratio below 0.61, and an internal rate of return of 11.00%. based on these result, it can be concluded that the operation and maitenance of the rest area are not financially feasible.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infrastruktur Lingkungan, Jalan Tol, Operasional dan Pemeliharaan, Rest Area, Clean Water, Coagulant, Enviromental Infrastructure, Operational and Maitenance |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD481 Water distribution systems |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Deo Siregar |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:51 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/117207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |