Arliana, Retna (2025) Model Penentuan Prioritas SPKLU di Wilayah PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dengan Metode VIKOR. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6047222033-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Masifnya perkembangan electric vehicle (EV) di Indonesia merupakan salah satu upaya menyelaraskan dengan program pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Dengan kebijakan insentif dari Pemerintah Indonesia terhadap populasi EV, maka pertumbuhan kendaraan listrik akan tumbuh secara eksponensial mulai akhir tahun 2023 sehingga diperlukan penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang diproyeksikan sekitar 1.700 unit di tahun 2023 dan 22.000 unit di tahun 2030. PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, pada akhir Desember Tahun 2023 telah memiliki 149 unit SPKLU dengan 177 unit charger. Saat ini, untuk menentukan lokasi penempatan SPKLU ini PLN UID Jawa Barat menggunakan kajian kelayakan pembangunan SPKLU berdasar kriteria: lokasi, potensi pendapatan, investasi, keamanan, jaringan komunikasi, dan tipe stasiun pengisian (fast atau regular charging). Namun demikian, kebijakan pembuatan prioritas Lokasi pembangunan SPKLU di wilayah pelayanan PLN UID Jawa Barat tidak dapat diidentifikasi. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis kelayakan implementasi SPKLU pada wilayah pelayanan PLN UID Jawa Barat menggunakan metode VIekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje (VIKOR). Metode VIKOR digunakan untuk pengambilan keputusan multi kriteria dengan nilai yang pasti menggunakan lima (5) kriteria desain existing PLN. Adopsi metode VIKOR didasarkan pada penelitian serupa terkait penentuan lokasi stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dari tenaga angin. Validasi prioritas lokasi pembangunan SPKLU didasarkan pada lokasi-lokasi SPKLU eksisting. Pada akhirnya, hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas penempatan SPKLU, meningkatkan penjualan energi listrik dari sektor Green Energy, serta dapat mendukung pemerintah dalam mewujudkan NZE pada tahun 2060 nanti.
================================================================================================================================
The substantial growth of electric vehicles (EVs) in Indonesia aims to support the government's initiative to achieve Net Zero Emissions (NZE) by 2060. The Indonesian Government's incentive policy for EVs is expected to drive exponential growth starting at the end of 2023, necessitating an increase in Public Electric Vehicle Charging Stations (PEVCS), with projections of about 1,700 units in 2023 and 22,000 units by 2030. PT. PLN (Persero) West Java Main Distribution Unit (UID) will have 149 PEVCS units with 177 chargers by the end of December 2023. Currently, PLN UID West Java determines PEVCS locations using a feasibility study based on criteria such as location, potential revenue, investment, security, communication network, and charging station type (either fast or regular charging). However, there is no clear policy for prioritizing these locations within the PLN UID West Java service area. This research analyzes the feasibility of implementing SPKLUs in the West Java PLN UID area using the VIKOR method, which is designed for multi-criteria decision-making based on five PLN design criteria. The VIKOR method's adoption is inspired by similar research on locating hydrogen refueling stations powered by wind energy. Validation of priority PEVCS construction sites is based on existing locations. The research outcomes aim to provide recommendations for improving PEVCS placement effectiveness, boosting Green Energy sector electrical energy sales, and supporting the government's NZE goals by 2060.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Listrik, SPKLU, UID Jabar, Analisis Kelayakan, VIKOR, Electric Vehicles, PECVS, West Java UID, Feasibility Analysis, VIKOR. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220.5 Battery charging stations (Electric vehicles) |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation |
Depositing User: | Retna Arliana |
Date Deposited: | 02 Feb 2025 07:05 |
Last Modified: | 02 Feb 2025 07:05 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/117369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |