Optimalisasi Jadwal Pengapalan Batubara dengan Mempertimbangkan Pola Cuaca

Ramadhan, Ganang (2025) Optimalisasi Jadwal Pengapalan Batubara dengan Mempertimbangkan Pola Cuaca. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 6032222072 - Master_Thesis.pdf] Text
6032222072 - Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PT Mifa Bersaudara merupakan perusahaan pertambangan batubara yang berperan penting dalam rantai pasokan energi global. Operasional pengapalan batubara perusahaan ini sering kali terganggu oleh pola cuaca yang tidak menentu, yang menyebabkan keterlambatan dalam pemuatan kapal, penjadwalan kapal, dan pengiriman ke pembeli. Keterlambatan ini tidak hanya berdampak pada efisiensi operasional, tetapi juga meningkatkan biaya operasional seperti denda keterlambatan (demurrage) dan biaya penyimpanan tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jadwal pengapalan batubara dengan mempertimbangkan pola cuaca di perairan Meulaboh. Hipotesis penelitian menyatakan adanya keterkaitan antara pola cuaca dengan keterlambatan pemuatan kapal, penjadwalan kapal, serta kepuasan pembeli. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penerapan teori First Come First Serve (FCFS) dan heuristik. Data cuaca historis selama 10 tahun digunakan untuk mengidentifikasi pola cuaca yang signifikan memengaruhi operasional pengapalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan alun tinggi, secara signifikan memperpanjang waktu tunggu kapal dan proses pemuatan di pelabuhan. Dengan menggunakan metode FCFS, ditemukan bahwa waktu tunggu dapat dikurangi sebesar 12% dibandingkan dengan sistem penjadwalan konvensional. Sementara itu, metode heuristik berhasil mengoptimalkan jadwal dengan tingkat efisiensi jetty yang lebih tinggi hingga 85%. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi manajemen PT Mifa Bersaudara untuk meningkatkan efisiensi operasional pengapalan. Selain itu, pendekatan ini juga dapat diterapkan pada perusahaan lain yang beroperasi di sektor maritim dengan kondisi cuaca yang dinamis.
==============================================================================================================================
PT Mifa Bersaudara is a coal mining company that plays an important role in the global energy supply chain. The company's coal shipping operations are often disrupted by uncertain weather patterns, which cause delays in ship loading, ship scheduling, and delivery to buyers. These delays not only impact operational efficiency, but also increase operational costs such as late fees (demurrage) and additional storage costs. This study aims to optimize the coal shipping schedule by considering weather patterns in the Meulaboh waters. The research hypothesis states that there is a relationship between weather patterns and delays in ship loading, ship scheduling, and buyer satisfaction. The method used is a quantitative approach with the application of the First Come First Serve (FCFS) theory and heuristics. Historical weather data for 10 years is used to identify weather patterns that significantly affect shipping operations. The results show that extreme weather patterns, such as strong winds and high tides, significantly extend ship waiting times and the loading process at the port. By using the FCFS method, it was found that waiting times can be reduced by 12% compared to conventional scheduling systems. Meanwhile, the heuristic method successfully optimized the schedule with a higher jetty efficiency rate of up to 85%. This study provides a practical contribution to the management of PT Mifa Bersaudara to improve the efficiency of shipping operations. In addition, this approach can also be applied to other companies operating in the maritime sector with dynamic weather conditions.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengapalan batubara, pola cuaca, metode FCFS, dan metode heuristic pour, coal shipping, weather patterns, FCFS method, and heuristic pour method
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Ganang Ramadhan
Date Deposited: 02 Feb 2025 08:10
Last Modified: 02 Feb 2025 08:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117632

Actions (login required)

View Item View Item