Analisis Pengaturan Pemrograman Pengangkutan Sampah Kota Surabaya(Pola Pengangkutan Sampah Stationary Container Systems dengan Menggunakan Truk Compactor)

Eka Risti, Oni Priasta (2016) Analisis Pengaturan Pemrograman Pengangkutan Sampah Kota Surabaya(Pola Pengangkutan Sampah Stationary Container Systems dengan Menggunakan Truk Compactor). In: Tugas Akhir.

[thumbnail of 3114207820-Paper.pdf]
Preview
Text
3114207820-Paper.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of 3114207820-Presentation.pdf]
Preview
Text
3114207820-Presentation.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya sejak tahun 2013 mulai mencoba meningkatkan pola pengangkutan Hauled Container Systems (HCS) dengan truk armroll menjadi pola pengangkutan sampah Stationary Container Systems (SCS) pada TPS/LPS eksisting dengan truk compactor. Dengan pola pengangkutan sampah yang berbeda, maka berbeda pula waktu satu trip pengangkutan dan volume sampah terangkut per TPS/LPS dalam satu ritase pengangkutan. Penelitian tentang pola pengangkutan sampah HCS telah dilakukan sebelumnya, sedangkan penelitian tentang pola pengangkutan sampah SCS belum pernah dilakukan.
Sebagai langkah awal penelitian ini, telah dilakukan analisis deskriptif dari kajian dan studi berbagai literature sehingga diperoleh 7 (tujuh) komponen aspek analisis pengaturan/pemrograman pengangkutan sampah. Untuk menganalisis kondisi eksisting dilakukan analisis teknis untuk memperoleh nilai faktor off route W tiap rute pengangkutan eksisting dan analisis aspek biaya. Kondisi ideal pengangkutan sampah pada penelitian ini telah dilakukan dengan dua skenario optimasi pengangkutan sampah. Dimana pada skenario optimasi pertama, kebutuhan ritase dipengaruhi oleh kapasitas maksimum compactor, sedangkan skenario optimasi kedua kebutuhan ritase dipengaruhi oleh tong sampah yang berbeda-beda jumlahnya per TPS/LPS. Penentuan rute pengangkutan dan volume serta jadwal pengangkutan kondisi ideal menggunakan algoritma Vehicle Routing Problem with Sequential Intertion yang memiliki fungsi objektif meminimalkan jumlah truk dan waktu pengangkutan dengan memaksimalkan kapasitas compactor. Hasil perbandingan adalah beban kerja seluruh truk compactor hampir merata, peningkatan jumlah ritase kondisi ideal seluruh trip menjadi 2 ritase, nilai faktor off route W kondisi ideal lebih baik yaitu antara 0,13 – 0,27 dan rata-rata waktu tunggu berkurang sampai hanya 1,31 jam per trip pengangkutan serta biaya total pengangkutan yang lebih ekonomis.
Dari hasil penelitian ini, upaya perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah dengan pola pengangkutan SCS adalah dengan penambahan 8 (delapan) TPS/LPS baru atau ± 6 (enam) rute pengangkutan baru oleh truk compactor dan penambahan jumlah tong sampah pada TPS/LPS lama dengan jumlah volume sampah yang besar

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengangkutan Sampah Kota Surabaya, Stationary Container System, Jumlah Ritase dan Nilai Faktor Off Route, Waktu Satu Trip Pengangkutan Sampah, Optimasi Rute dan Volume, Algoritma Vehicle Routing Problem with Sequential Intertion
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: ONI PRIASTA EKA RISTI
Date Deposited: 10 May 2017 02:50
Last Modified: 26 Dec 2018 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item