Reyhan, Muhammad Hasan (2025) Desain Dan Analisis Impact Pada Bumper Polyethylene Mevits Dengan Struktur Garis Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5007201058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Data pada tahun 2021 menunjukkan kematian disebabkan kecelakaan lalu lintas menyentuh angka 30.000 kematian dalam satu tahun. Pada tahun yang sama juga tercatat angka kecelakaan pada mobil di jalan Tol berjumlah 3.988 kejadian dan menyebabkan 1.234 kematian. Pada kendaraan mobil, bumper adalah komponen penting yang berfungsi untuk melindungi kendaraan dari benturan pada bagian depan kendaraan. Bumper biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan fleksibel, seperti baja, aluminium, atau plastik. 54 dari 76 atau 71,05% model mobil dari 6 produsen mobil terbesar di Indonesia menggunakan bumper dengan variasi struktur berupa garis atau grid. Hal ini menunjukkan bahwa struktur garis atau grid pada bumper telah diakui secara luas oleh industri otomotif. Polyethylene adalah salah satu jenis plastik yang kuat, fleksibel, dan tahan terhadap benturan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana struktur garis mempengaruhi kemampuan menyerap energi benturan bumper polyethylene. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga untuk mendesain dan menganalisis dampak pada bumper polyethylene yang memiliki struktur garis. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dengan menggunakan software ANSYS untuk membuat model bumper polyethylene, dan digunakan untuk menganalisis Total Deformation, Equivalent Stress, Equivalent Strain, Safety Factor dan Total Energy Absorption dari kedua variasi bumper. Penelitian ini dilakukan dengan tahap pertama berupa studi literatur dan perancangan struktur pada bumper. Dalam penelitian ini, digunakan standar regulasi ECE R.42 dengan beban pendulum digunakan untuk mensimulasikan benturan. Setelah dilakukan simulasi, data yang didapatkan dilakukan verifikasi dengan hasil teoritis. Hasil penelitian menunjukkan variasi struktur garis dapat meningkatkan kemampuan pada bumper polyethylene untuk menyerap energi benturan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa bumper polyethylene dengan struktur garis memiliki potensi untuk menggantikan bumper konvensional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bumper polyethylene MEvITS dengan struktur garis variasi grid 7 cm memiliki hasil uji impact yang lebih baik dibandingkan bumper dengan variasi grid ukuran 10 cm. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai total deformation, equivalent stress, dan equivalent strain lebih rendah dan nilai safety factor lebih tinggi yang mana dari keempat parameter tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan bumper variasi ukuran grid 10 cm. Selain itu, nilai total energy absorption yang didapatkan oleh bumper variasi 7 cm memiliki nilai maksimum lebih rendah dengan selisih 751 mJ
==================================================================================================================================
Data in 2021 shows that deaths due to traffic accidents touched 30,000 deaths in one year. In the same year, the number of accidents on cars on toll roads also amounted to 3,988 incidents and caused 1,234 deaths. In car vehicles, the bumper is an important component that functions to protect the vehicle from collisions on the front of the vehicle. Bumpers are typically made of strong, flexible materials, such as steel, aluminum, or plastic. 54/76 or 71.05% of car models from the 6 largest car manufacturers in Indonesia use bumpers with structural variations in the form of lines or grids. This shows that the line or grid structure on the bumper has been widely recognized by the automotive industry. Polyethylene is a type of plastic that is strong, flexible, and resistant to impact. The purpose of this study is to find out how the line structure affects the ability to absorb the impact energy of polyethylene bumpers. This study uses the finite element method to design and analyze the impact on polyethylene bumpers that have a line structure.This study uses a simulation method using ANSYS software to create a polyethylene bumper model, and is used to analyze the Total Deformation, Equivalent Stress, Equivalent Strain, Safety Factor and Total Energy Absorption of both bumper variations. This research was carried out with the first stage in the form of literature study and structural design on bumpers. In this study, the ECE R.42 regulatory standard is used with pendulum loads used to simulate impacts. After the simulation, the data obtained was verified with theoretical results. The results show that variations in the line structure can increase the ability of polyethylene bumpers to absorb impact energy. Overall, this study shows that polyethylene bumpers with a line structure have the potential to replace conventional bumpers.The results of this study show that MEvITS polyethylene bumpers with a grid variation line structure of 7 cm have better impact test results than bumpers with a 10 cm grid variation. This can be seen from the lower total deformation, equivalent stress, and equivalent strain values and higher safety factor values, which of these four parameters are better when compared to bumpers with a 10 cm grid size variation. In addition, the total energy absorption value obtained by the 7 cm variation bumper has a lower maximum value with a difference of 751 mJ.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elemen Hingga, Impact, Polyethylene, Struktur Garis, Finite Element, Impact, Line Structure, Polyethylene |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ561 Surface |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Reyhan Muhammad Hasan |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |