Redesain Dan Analisis Double-Sided Swingarm Untuk E-Scooter Melalui Pembebanan Statis Dan Dinamis Mengugnakan Metode Elemen Hingga

Putri, Gracia Novita (2022) Redesain Dan Analisis Double-Sided Swingarm Untuk E-Scooter Melalui Pembebanan Statis Dan Dinamis Mengugnakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111840000187-Undergraduate Thesis.pdf] Text
02111840000187-Undergraduate Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Swing arm merupakan komponen utama dari suspensi belakang kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk menyambungkan roda belakang ke frame dari kendaraan dan membuat sistem suspensi lebih efisien. Pada penelitian ini, dilakukan desain ulang untuk memodifikasi swingarm yang telah didesain sebelumnya. Pada uji statis yang dilakukan menggunakan software ANSYS R2 2021, ditemukan bahwa desain sebelumnya memiliki safety factor < 1. Redesain swingarm dilakukan untuk meningkatkan kekuatan swingarm. Pembebanan statis dimulai dengan metode static structural untuk mengetahui equivalent stress dan total deformation dari struktur. Setelah itu, modal analysis digunakan untuk mengetahui frekuensi natural dari material. Pembebanan dinamis dilakukan dengan MATLAB Simulink untuk mendapatkan gaya eksitasi oleh permukaan jalan dengan pemodelan penuh electric scooter. Data yang didapatkan adalah beban dinamis berupa Power Spectral Density (PSD). PSD menjadi input data yang digunakan karena dapat merepresentasikan kekasaran permukaan jalan berdasarkan standar ISO 8680. Pada penelitian ini, kelas jalan yang digunakan adalah kelas jalan A, C, dan E menggunakan variasi kecepatan 40 km/jam dan 80 km/jam dengan variasi material berupa Carbon Steel 1030 Normalized dan Alumunium Alloy 6061 T651. Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa semakin tinggi kecepatan electric scooter, semakin besar juga deformasi dan equivalent stress yang dihasilkan dari simulasi random vibration. Hasil deformasi paling besar didapat dari kelas jalan E dengan kecepatan 80 km/jam dengan material aluminum alloy 6061 T6. Untuk equivalent stress, angka terbesar berada pada penggunaan material carbon steel 1030 normalized pada kecepatan 80 km/jam di kelas jalan E. Safety factor juga menjadi pertimbangan dalam memilih material akhir yang akan digunakan. Pada simulasi ini, safety factor pada swing arm dengan carbon steel 1030 normalized memiliki nilai lebih dari satu untuk ketiga kelas jalan yang digunakan sedangkan dengan dengan material aluminium alloy 6061 T6, safety factor berada di bawah angka satu untuk kelas jalan E yang menandakan adanya deformasi elastis pada swing arm di bawah pembebanan dinamis kelas jalan tersebut.
==================================================================================================================================
Swing arm is the main component of the rear suspension of the vehicle. This component serves to connect the rear wheels to the frame of the vehicle and make the suspension system more efficient. In this study, a redesign was carried out to modify the previously designed swingarm. In a static test conducted using the ANSYS R2 2021 software, it was found that the previous design had a safety factor of < 1. The swingarm redesign was carried out to increase the swingarm strength. Static loading begins with the static structural method to determine the equivalent stress and total deformation of the structure. After that, modal analysis is used to determine the natural frequency of the material. Dynamic loading is carried out with MATLAB Simulink to obtain the excitation force by the road surface with full modeling of the electric scooter. The data obtained is a dynamic load in the form of Power Spectral Density (PSD). PSD is the input data used because it can represent road surface roughness based on the ISO 8680 standard. In this study, the road classes used were road classes A, C, and E using speed variations of 40 km/hour and 80 km/hour with material variations in the form of Carbon Steel 1030 Normalized and Aluminum Alloy 6061 T651. Based on the simulation results that have been carried out, it is found that the higher the speed of the electric scooter, the greater the deformation and equivalent stress resulting from the random vibration simulation. The results of the largest deformation obtained from the road class E with a speed of 80 km / h with 6061 T6 aluminum alloy material. For equivalent stress, the largest number is in the use of normalized 1030 carbon steel material at a speed of 80 km / h on road class E. Safety factor is also a consideration in choosing the final material to be used. In this simulation, the safety factor on the swing arm with 1030 normalized carbon steel has a value of more than one for the three road classes used, while with the 6061 T6 aluminum alloy material, the safety factor is below one for the E road class which indicates elastic deformation. on the swing arm under the dynamic loading of the road class.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 620.112 3 Put r-1 2022
Uncontrolled Keywords: Swing arm, static structural, modal analysis, Random Vibration, PS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:42
Last Modified: 25 Feb 2025 08:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/118892

Actions (login required)

View Item View Item