Kusuma, Marlin Dwi Jaya (2022) Pengaruh Rear Wing Terhadap Performa Mobil Formula Student Nogogeni Its Menggunakan Simulasi Numerik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
10211810010002-Undergraduate Thesis.pdf Download (3MB) |
Abstract
Formula SAE Australasia (FSAE-A) adalah kompetisi tahunan yang merupakan bagian dari Formula Student of Automotive Engineering (FSAE) yang diadakan di Australia dengan peserta yang diikuti oleh mahasiswa di seluruh dunia. Nogogeni ITS Team untuk pertama kalinya megikuti kompetisi ini pada tahun 2020. Pada kategori design event, Nogogeni berfokus pada realiability and manuverability kendaraan. Pengembangan aerodinamika pada mobil sangat penting untuk mendapatkan performa yang maksimal dan meningkatkan keselamatan pada mobil. Pada penelitian ini dengan menggunakan body yang cukup kompleks, yaitu nosecone, wishbone, wheels, engine, frame, driver, headrest cukup membuat hasil simulasi menjadi lebih akurat dengan menggunakan body yang kompleks di banding dengan penelitian terdahulu, parameter yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah tentang kecepatan dan juga tekanan pada performa mobil, ketika tidak menggunakan perangkat aerodinamika, dan ketika menggunakan perangkat aerodinamika rear wing . jenis yang di gunakan oleh airfoil adalah jenis Eppler E423 yang digunakan pada rear wing. Pada simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) dilakukan dengan menggunakan domain pada lintasan lurus dengan kecepatan 22.22 m/s, dan model turbulensi yang di gunakan yaitu K-epsilon Realizable dengan aliran steady. Karakteristik aliran dinyatakan dalam bentuk kontur distribusi tekanan, vektor kecepatan, dan gafik distribusi Cp. Hasil menunjukkan Nilai Cd dan Cl mobil tanpa menggunakan rear wing adalah 0.32 dan -0.11, dengan nilai dragforce sebesar 63.10 N dan nilai downforce sebesar -22.22 N. Dengan penambahan rear wing saja mengalami peningkatan Cd sebesar 0.42 dan Cl sebesar 0.43, dengan nilai dragforce sebesar 99.72 N dan nilai downforce sebesar -102.21 N.
==================================================================================================================================
Formula SAE Australasia (FSAE-A) is an annual competition that is part of the Formula Student of Automotive Engineering (FSAE) held in Australia with participants followed by students around the world. Nogogeni ITS Team for the first time participated in this competition in 2020. In the event design category, Nogogeni focuses on the realiability and maneuverability of the vehicle. The development of aerodynamics in the car is very important to get maximum performance and improve safety in the car. In this study using a fairly complex body, namely nosecone, wishbone, wheels, engine, frame, driver, headrest enough to make the simulation results more accurate by using a complex body compared to previous research, The parameters used in this final project are about speed and also pressure on the performance of the car, when not using aerodynamic devices, and when using rear wing aerodynamic devices. The type used by airfoil is the Eppler E423 type used on rear wings. Numerical modeling using fluent software in three dimensions. Computational Fluid Dynamics (CFD) simulation is done using a domain on a straight track with a speed of 22.22 m / s, and the turbulence model used is K-epsilon Realizable with steady flow. Flow characteristics are expressed in the form of pressure distribution contours, velocity vectors, and Gafic Cp distributions. The results show the Cd and Cl values of the car without the use of rear wing are 0.32 and -0.136, with a dragforce value of 63.10 N and a downforce value of -22.22 N . With the addition of rear wing alone, it increased Cd by 0.42 and Cl by -0.43, with a dragforce value of 99.72 N and a downforce value of -102.21 N.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMI 629.26 Kus a-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | FSAE, Aerodinamika, CFD, Rear Wing, Cd, Cl, Aerodynamic, CFD, Rear Wing, |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521 Aerodynamics, Hypersonic. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 06:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |