Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-gempol Dengan Metode Sig Dan Ucl

Al Qurni, Nabil Uwais (2025) Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-gempol Dengan Metode Sig Dan Ucl. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5016211096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5016211096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Pada era modern ini, tingkat mobilitas masyarakat meningkat setiap tahunnya. Hal ini juga mengakibatkan kenaikan angka kepemilikan kendaraan pribadi di Indonesia sebagai pilihan transportasi yang paling banyak digunakan. Bertambahnya kendaraan tersebut mengakibatkan kenaikan volume kendaraan di jalan raya yang mengakibatkan kemacetan yang umumnya terjadi di kota besar. Beberapa ruas jalan tol di Indonesia seperti pada ruas tol Surabaya-Gempol yang memiliki volume lalu lintas cukup padat tidak terlepas dari kejadian kecelakaan dalam ruas tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan penentuan daerah rawan kecelakaan untuk mengurangi angka kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa penentuan daerah rawan kecelakaan yang akan dilakukan dengan analisis statistika menggunakan metode Upper Control Limit kemudian menggunakan dengan metode SIG untuk mencari variabel yang signifikan terhadap kecelakaan dengan menggunakan data kecelakaan dan geometri jalan. Hal ini dapat mengidentifikasi segmen atau daerah yang rawan kecelakaan di Jalan Tol Surabaya-Gempol. Hasil yang didapat dari metode UCL Terdapat 6 daerah rawan kecelakaan. Selain itu, model OLS dan GWR masing-masing menyatakansiginifikansi sebesar 42,0015% dan 42,02% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada pemodelan yang dilakukan.
=====================================================================================================================================
In this modern era, the level of community mobility increases every year. This has also resulted in an increase in the number of private vehicle ownership in Indonesia as the most widely used transportation option. The increase in vehicles results in an increase in the volume of vehicles on the highway which results in traffic jams which generally occur in big cities. Several toll road sections in Indonesia, such as the Surabaya-Gempol toll road, which have quite dense traffic volumes are not free from accidents on these sections. Therefore, it is necessary to determine accident-prone areas to reduce the number of accidents. This research aims to conduct an analysis of the determination of accident-prone areas that will be carried out with statistical analysis using the Upper Control Limit method and then using the GIS method to find significant variables for accidents using accident data and road geometry. This can identify segments or areas that are prone to accidents on the Surabaya-Gempol Toll Road. The results obtained from the UCL method There are 6 accident-prone areas. In addition, the OLS and GWR models each state a significance of 42.0015% and 42.02% while the rest is explained by other variables not used in the modeling carried out.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Kecelakaan, SIG, UCL , Accident, GIS, Toll Road, UCL
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.217 Geospatial data
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabil Uwais Al Qurni
Date Deposited: 18 Jul 2025 09:20
Last Modified: 18 Jul 2025 09:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/120099

Actions (login required)

View Item View Item