Rahma, Dinda Almira (2025) Analisis Penilaian Kepuasan Pengunjung Alun-Alun Tugu Kota Malang Menggunakan Importance Performance Analysis. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5015211015-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Alun-Alun Tugu Kota Malang merupakan salah satu ruang terbuka hijau publik yang mengalami revitalisasi dengan tujuan untuk menghilangkan kesan ekskulisiftas dengan menghilangkan ornamen pagar serta menjadikan kawasan Alun-alun Tugu Kota Malang sebagai salah satu kawasan yang nyaman untuk didatangi oleh khalayak umum dan juga merupakan bentuk pemerintah Kota Malang untuk membenahi ruang terbuka menjadi lebih layak untuk dikunjungi. Karena daya tariknya yang kuat, alun-alun ini sering menjadi destinasi kunjungan. Semua pengunjung alun-alun tentunya memiliki persepsi dan preferensi tertentu tentang fasilitas yang tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk tingkat kepuasan masyarakat terhadap fasilitas taman ini terutama setelah adanya proses revitalisasi. Hal ini bertujuan untuk menilai kinerja pemerintah dalam mempertahankan dan menjaga fungsi alun-alun, yang merupakan tempat publik yang sangat penting untuk menyelaraskan pola kehidupan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivistik dengan metode kuantitatif IPA (Importance Perfomance Analysis) untuk menguji tingkat kepuasan pengunjung dan Uji Crosstabs ChiSquare untuk melihat hubungannya dengan karakteristik pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian yang didapatkan antara tingkat kepentingan dan kinerja memiliki rentang nilai 73,42% - 101,37%. Variabel yang memiliki nilai sebesar 73,42% adalah Area parkir, sedangkan variabel yang memiliki nilai 101,37% adalah Kondisi Alun-Alun setelah revitalisasi dengan rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 93,73%. Terdapat 4 variabel yang termasuk dalam kuadran 1 (Penanganan Prioritas Revitalisasi) yaitu kenyamanan dan keteduhan taman, keamanan jalur pejalan kaki, keamanan alun-alun terjamin, dan area parkir. Pada karakteristik pengunjung terdapat beberapa variabel yang berhubungan dengan indikator kepuasan yaitu usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, moda transportasi, intensitas berkunjung, tujuan berkunjung, partner berkunjung, dan aktivitas yang dilakukan.
=================================================================================================================================
Alun-Alun Tugu Kota Malang is one of the public green open spaces that underwent revitalization to eliminate the impression of exculpation by removing fence ornaments and making the Alun-Alun Tugu Kota Malang area one of the areas that is comfortable for the public to visit and is also a form of the Malang City government to improve open space to be more suitable for visiting. Because of its strong appeal, this square is often a visit destination. All visitors to the square certainly have certain perceptions and preferences about the facilities available. Therefore, research was conducted on the level of public satisfaction with the facilities of this park, especially after the revitalization process. It aims to assess the government's performance in maintaining and preserving the function of the square, which is a very important public place to harmonize the pattern of human life. This research uses a positivistic approach with the IPA (Importance Performance Analysis) quantitative method to test the level of visitor satisfaction and the ChiSquare Crosstabs Test to see its relationship with visitor characteristics. The results showed that the level of conformity obtained between the level of importance and performance had a value range of 73.42% - 101.37%. The variable that has a value of 73.42% is the parking area, while the variable that has a value of 101.37% is the condition of the Square after revitalization, with an average level of conformity of 93.73%. There are 4 variables included in quadrant 1 (top priority), namely comfort and shade of the park, safety of pedestrian paths, guaranteed security of the square, and parking area. In visitor characteristics, there are several variables related to satisfaction indicators: age, latest education, occupation, mode of transportation, visiting intensity, visiting purpose, visiting partner, and activities carried out.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ruang Terbuka Publik, Revitalisasi, Karakteristik Pengunjung, Tingkat Kepuasan, Public Open Space, Revitalization, Visitor Characteristics, Satisfaction Level |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD618 Open spaces H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT166 City Planning--Environmental aspects |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Dinda Almira Rahma |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:27 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/120762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |