Perancangan Geometrik Jalan Tol Tulungagung-Blitar

Pamungkas, Prada Putra (2025) Perancangan Geometrik Jalan Tol Tulungagung-Blitar. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012211085_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012211085_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Tulungagung dan Blitar merupakan dua kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun, sering terjadi kemacetan pada saat libur panjang pada jalan penghubung kedua wilayah tersebut, akibat keterbatasan infrastruktur jalan yang ada. Oleh sebab itu, pada tugas akhir ini akan merancang Jalan Tol pada Kabupaten Tulungagung-Blitar sebagai salah satu upaya pembangunan infrastruktur berkelanjutan sesuai dengan nilai ke-9 SDGs (Sustainable Development Goals). Dalam perancangan ini akan memperhatikan jumlah volume kendaraan yang diperkirakan akan melewati jalan tol dari jalan yang ada sekarang, pemilihan trase rencana, dan perhitungan desain geometrik yang sesuai dengan kondisi kedua daerah. Metode yang digunakan dalam trip assigment ada tiga, yakni Metode Smock, Jica 1, dan Davidson. Pada pemilihan trase rencana menggunakan Metode Analisis Multi Kriteria Desain, dimana pemilihan trase berdasarkan beberapa kriteria penilaian dan juga pembobotan dengan Matriks Pairwise Comparison. Pada perhitungan geometrik menggunakan Standar Geometrik Jalan Bebas Hambatan Tahun 2009 dan juga Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021. Volume kendaraan yang berpindah dari Jalan Raya Tulungagung-Blitar ke Jalan Tol berdasarkan metode Davidson pada tahun 2060 diperkirakan sebesar 4.352,4 smp/jam. Trase rencana yang digunakan berdasarkan analisis Multi Kriteria Desain merupakan Trase Alternatif 1, dengan bobot dari Matriks Pairwise Comparison sebesar 2,25. Desain Jalan Tol dengan lajur 4/2 sampai pada tahun 2060, dengan desain Ruang Milik Jalan sampai tahun 2080. Kecepatan desain sebesar 120 km/jam, dengan 10 buah tikungan yang bertipe Spiral-Circle-Spiral (S-C-S), serta panjang total 32.442,24 meter. Lengkung vertikal berjumlah 29 buah, dengan 14 lengkung vertikal cekung dan 15 lengkung vertikal cembung dengan gradien kurang dari 4%. Pada medan persawahan dan permukiman Jalan Tol memiliki ruang bebas jalan untuk mengakomodasi pengendara yang keluar lajur, sedangkan pada daerah perbukitan Jalan Tol direncanakan memiliki guardrail sebagai pembatas luar jalan. Volume galian sebesar 1.650.757,46 m3 dan timbunan sebesar 8.010.495 m3 dengan selisih volume sebesar 6.360.187,83 m3.
======================================================================================================================================
Tulungagung and Blitar Regencies, located in East Java Province, have significant tourism potential. However, traffic congestion frequently occurs on the connecting road between the two regions, particularly during long holidays, due to limited road infrastructure. Therefore, this final project proposes the design of a toll road between Tulungagung and Blitar as a sustainable infrastructure development effort aligned with the 9th goal of the Sustainable Development Goals (SDGs). This design takes into account the projected traffic volume shifting from the existing road to the toll road, route alignment selection, and appropriate geometric design tailored to the regional conditions. Three methods are used in the trip assignment analysis: the Smock Method, JICA 1 Method, and Davidson Method. Route alignment selection is conducted using the Multi-Criteria Design Analysis Method, which involves assessment criteria and weighting through the Pairwise Comparison Matrix. The geometric design refers to the 2009 Standard for Freeway Geometric Design and the 2021 Road Geometric Design Guidelines. Based on the Davidson Method, the projected traffic volume shifting to the toll road in 2060 is estimated at 4,352.4 pcu/hour. The selected alignment, based on the Multi-Criteria Design Analysis, is Alternative 1, which has the highest weight of 2.25 in the Pairwise Comparison Matrix. The toll road is designed with a 4-lane (2-lane per direction) configuration sufficient until 2060, and the right-of-way (ROW) is planned to accommodate expansion until 2080. The design speed is set at 120 km/h, with a total length of 32,442.24 meters, consisting of 10 Spiral-Circle-Spiral (S-C-S) horizontal curves. There are 29 vertical curves—14 concave and 15 convex—with gradients of less than 4%. In agricultural and residential areas, clear zones are provided for errant vehicles, while in hilly areas, guardrails are planned as outer road barriers. The total excavation volume is 1.650.757,46 m³, and the embankment volume is 8.010.495 m³, resulting in a net difference of 6.360.187,83 m³.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Geometrik, Jalan Tol Tulungagung-Blitar, Nilai ke-9 SDGs, Geometric Design, Tulungagung-Bliar Toll Road, SDGs Goal 9
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prada Putra Pamungkas
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:30
Last Modified: 28 Jul 2025 01:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/121801

Actions (login required)

View Item View Item