Putri, Fanza Audiary (2025) Pemodelan Sistem Dinamik untuk Menentukan Alternatif Dekarbonisasi Truk Pengiriman Barang Antar Kota di DKI Jakarta. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
5010211023-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan terkait perubahan iklim telah menjadi isu global yang mendesak. Tingginya level emisi dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil merupakan beberapa faktor penyebabnya. Dilansir dari Dana Mitra Lingkungan (2024), sektor energi dan sektor transportasi masing-masing menempati posisi ke-2 dan ke-4 sebagai sektor penyumbang emisi terbesar di Indonesia pada 2024. Pada sektor transportasi, truk pengiriman barang berperan sebagai salah satu penyumbang utama emisi dengan rata-rata 700 gram CO2 per ton per kilometer. Kondisi ini mendorong pembuat kebijakan untuk bekerja demi mencapai target penurunan emisi GRK Indonesia di sektor energi yang ditetapkan untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Digunakan pendekatan pemodelan sistem dinamik untuk memahami perubahan dalam konsumsi energi transportasi serta perilaku transisi ke moda transportasi yang lebih ramah lingkungan dengan memperhitungkan umpan balik, delays, dan hubungan non-linear yang ada dalam sistem tersebut. Hal ini diperlukan karena kompleksitas sistem yang tinggi dan variabel yang saling terkait meliputi aspek legal, ekonomi, hingga sosial. Pemodelan dan hasil simulasi kondisi eksisting kemudian akan menjadi dasar perancangan dan penentuan alternatif skenario kebijakan penggunaan truk pengiriman antarkota yang dapat memastikan tercapainya target net zero emission pemerintah pada 2060.
======================================================================================================================================
The issue of climate change has become a pressing global concern. High emission levels and dependence on fossil fuels are among the key contributing factors. According to Dana Mitra Lingkungan (2024), the energy and transportation sectors ranked second and fourth, respectively, as the largest emission-contributing sectors in Indonesia in 2024. Within the transportation sector, freight trucks serve as the primary contributors to emissions, averaging 700 grams of CO₂ per ton per kilometer. This situation has prompted policymakers to act toward achieving Indonesia's greenhouse gas (GHG) reduction targets in the energy sector, which aims for Net Zero Emissions (NZE) by 2060. A dynamic system modeling approach is used to analyze changes in transportation energy consumption and the transition to more environmentally friendly transport modes by considering feedback loops, delays, and nonlinear relationships within the system. This approach is essential due to the high complexity of the system and the interrelated variables spanning legal, economic, and social aspects. The modeling and simulation results of the existing conditions will serve as the foundation for designing and determining alternative policy scenarios for intercity freight truck operations that ensure the achievement of the government's net zero emission target by 2060.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dekarbonisasi, kebijakan, sistem dinamik, truk pengiriman barang, decarbonization, freight truck, policy, system dynamics |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD886.5 Motor vehicles--Motors--Exhaust gas--Environmental aspects. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fanza Audiary Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 09:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 09:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/121889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |