Riske, Anita (2025) Emosional Desain Gen Milenial Perkotaan Terhadap Desain Interior Rumah Pertama Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus: Kota-Kota Besar Jawa Timur). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6029231001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pemenuhan kebutuhan rumah bagi generasi milenial di era sekarang ini menghadapi berbagai tantangan, fenomena yang hadir diantaranya adalah adanya keterbatasan lahan, harga properti yang tinggi, dan ketidaksesuaian antara preferensi dan ketersediaan hunian di pasaran. Generasi milenial, yang mendominasi populasi usia produktif, menghadapi tantangan dalam usahanya memenuhi kebutuhan hunian mereka. Preferensi generasi milenial sangat penting diketahui berkaitan dengan didominasinya pasar hunian oleh segmen pasar milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi emosional dan estetika generasi milenial perkotaan terhadap desain interior rumah pertama yang mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli rumah dengan studi kasus pada kota-kota besar di Jawa Timur, Indonesia. Teori Emosional desain yang dikembangkan oleh Don Norman menjadi pendekatan dalam penelitian ini. Teori ini membagi level emosional dalam suatu desain menjadi tiga tingkatan yakni: visceral (tampilan visual dan kesan awal), behavioral (kenyamanan penggunaan), dan reflective (pencerminan identitas diri dan pencapaian). Penelitian ini menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif, menggunakan kuesioner berskala Likert dan wawancara mendalam yang didistribusikan kepada responden milenial di kota Surabaya dan Malang. Penelitian menunjukkan bahwa dominasi preferensi emosional ada pada tingkat ketertarikan visual (visceral), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan milenial dalam pembelian rumah pertama. Studi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman, baik bagi pembuat kebijakan perumahan di kawasan perkotaan maupun pengembang properti untuk merancang sebuah hunian yag dapat memenuhi keinginan emosional generasi milenial.
==================================================================================================================================
Meeting the housing needs of the millennial generation in the current era faces various challenges, including limited land availability, high property prices, and the mismatch between preferences and the availability of housing in the market. The millennial generation, which dominates the productive age population, faces challenges in their efforts to meet their housing needs. Understanding Millennial preferences is crucial given the dominance of the housing market by the Millennial market segment. This research aims to identify the emotional and aesthetic preferences of urban millennials regarding the interior design of their first homes, which influence their decision to purchase a house, with case studies in major cities in East Java, Indonesia. The Emosional desain Theory developed by Don Norman is used as an approach in this research. This theory divides the emotional levels in a design into three tiers: visceral (visual appearance and initial impression), behavioral (ease of use), and reflective (achievement and reflection of self identitiy). This research employs a mixed-method approach, utilizing Likert-scale questionnaires and in-depth interviews distributed to millennial respondents in the cities of Surabaya and Malang. The research shows that emotional and aesthetic preferences, especially at visceral level, have a significant influence on millennials' choices to buy their first home. This study can assist housing policy makers in urban areas and enhance the understanding of how property developers design a residence that can meet the emotional desires of the millennial generation.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emosional desain, rumah pertama, preferensi rumah pertama milenial |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Anita Riske |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:14 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/122366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |