Ruldiansyah, Shafwan Razan (2025) Perancangan Struktur Mounting Turbin Bawah Air Berkapasitas 1kW Pada PT. Orela Shipyard. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
2038211067-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Turbin bawah air merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang memanfaatkan arus air laut sebagai sumber energi utama yang nantinya akan dikonversi menjadi energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Struktur Mounting pada turbin bawah air, yang berfungsi sebagai penopang utama turbin agar tidak terdorong, terbawa, atau terjadi turbulensi oleh arus laut. Perancangan Struktur Mounting Turbin Bawah Air ini menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor untuk modelling dan Ansys untuk melakukan analysis, dengan menggunakan material Stainless Steel yang bagus untuk ketahanan korosi. Analisis yang dilakukan meliputi pembebanan statis dari (massa hub turbin) sebesar 1991,48 N dan pembebanan dinamis dari gaya drag sebesar 953 N. Setelah mendapatkan gaya tersebut maka akan disimulasikan menggunakan simulasi Finite Element Analysis statis, Simulasi dibagi menjadi 3 simulasi yaitu, Simulasi FEA gaya drag, gaya pembebanan hub turbin, dan kombinasi (gaya drag dan gaya pembebanan. Hasil dari simulasi FEA gaya drag didapatkan hasil Tegangan von misses sebesar 77,36 MPa dan Tegangan Kompresi sebesar 69,24 MPa yang tegangan tersebut tidak melebihi dari Tegangan Ijin, serta didapatkan angka safety factor sebesar 3,24 (>1,5 sf untuk beban statis). Hasil dari simulasi FEA gaya pembebanan hub turbin didapatkan hasil Tegangan von misses sebesar 64,69 MPa dan Tegangan Kompresi sebesar 61,35 MPa yang tegangan tersebut tidak melebihi dari Tegangan Ijin, serta didapatkan angka safety factor sebesar 3,86 (>2 sf untuk beban dinamis). Hasil dari simulasi FEA kombinasi didapatkan hasil Tegangan von misses sebesar 137,71 MPa yang tidak melebihi Tegangan Ijin dan mendapatkan safety factor sebesar 1,82.
======================================================================================================================================
As a renewable energy source, underwater turbines utilize the kinetic energy present in sea currents, transforming this mechanical energy into electrical power. This research aims to design a mounting structure for an underwater turbine, which serves as the primary support to prevent the turbine from being pushed, carried away, or experiencing turbulence caused by ocean currents or other underwater conditions. The design of this Underwater Turbine Mounting Structure utilizes Autodesk Inventor for modeling and ANSYS for analysis, using Stainless Steel material for good corrosion resistance. The analysis includes static loading from the turbine hub's mass of 1991,48 N and dynamic loading from the drag force of 953 N. After obtaining these forces, they will be simulated using Static Finite Element Analysis (FEA). The simulation is divided into 3 scenarios: FEA for drag force, FEA for turbine hub loading, and a combined FEA (drag force and hub loading). The results from the drag force FEA simulation show a von Mises stress of 77,36 MPa and a compressive stress of 69,24 MPa, which do not exceed the allowable stress. A safety factor of 3,24 (>1,5 for static loads) was also obtained. The results from the turbine hub loading FEA simulation show a von Mises stress of 64,69 MPa and a compressive stress of 61,35 MPa, which do not exceed the allowable stress. A safety factor of 3,86 (>2 for dynamic loads) was also obtained. The results from the combined loading FEA simulation show a von Mises stress of 137,71 MPa, which does not exceed the allowable stress, and a safety factor of 1,82 was obtained.
Actions (login required)
![]() |
View Item |